Selasa, 21 Mei 2024

Wabub Mujib Imron Tutup MTQ Kab Pasuruan

Diunggah pada : 21 November 2022 12:04:29 53
Istimewa

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron, menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Pasuruan Ke-30 Tahun 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Pasuruan, Minggu (20/11/2022). 

Wakil Bupati mengatakan tentang keutamaan peserta MTQ, yang tidak hanya sekedar untuk memenangkan lomba dari Al Qur’an yang dipelajarinya, melainkan juga sebagai upaya untuk mencari petunjuk dan prinsip menjalani kehidupan agar selamat dunia dan akhirat.

“MTQ merupakan sarana untuk melahirkan anak-anak muda, generasi emas yang hatinya terikat dengan Al Qur’an. Sekaligus semangat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa. Saya percaya potensi hafidz hafidzoh, para qori’, qoriah pensyarah dan para tafsir Al Qur’an di Kabupaten Pasuruan ini sangat banyak dan mampu bersaing dengan peserta di daerah lain,” ucap Wakil Bupati.

Wabub juga mengucapkan selamat dan apresiasinya kepada para pemenang lomba dari berbagai cabang yang dikompetisikan.  

“Selamat bagi para pemenang pada MTQ ini. Semoga para pemenang lebih ditingkatkan lagi semangatnya supaya bisa mengikuti lomba ke tingkatan yang lebih tinggi. Baik di tingkat Provinsi, tingkat nasional maupun tingkat internasional. Atas nama Pemkab Pasuruan, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi Saudara semuanya. Baik peserta, pendamping, official dan dewan hakim dalam mensukseskan kegiatan MTQ ini. Mulai dari pembukaan, pelaksanaan dan penutupan kali ini,” ujar Wabub.

Seperti diketaui Cabang Tilawah golongan Tartil Putra, juara 1 dimenangkan oleh Maskan Ramadhani dari Kecamatan Rembang. Sedangkan golongan Tartil Putri, juara 1 dimenangkan oleh Putri Amalia Safitri dari Kecamatan Purwodadi. Zahrina Zahwa dan Yuda Ilalhaq dari Kecamatan Gondangwetan meraih juara 1 untuk cabang dan golongan yang berbeda. Masing-masing, cabang Tilawah golongan anak-anak dan cabang Tilawah golongan remaja putri.

Masih dari Kecamatan Gondangwetan, M. Nabhan Abrisam, Nur Indah dan Muhhibatul Rifdah juga meraih juara 1 di setiap cabang dan golongan lomba yang diikutinya. Yaitu cabang Hafzh Qur’an golongan 1 Juz Tilawah Putra, cabang Hafzh Qur’an golongan 5 Juz Tilawah Putri dan cabang Hafzh Qur’an golongan 20 Juz Putri.

MTQ Dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko pada hari Sabtu (18/11/2022) yang diselenggarakan selama tiga hari hingga Minggu (20/11/2022). Hadir dalam penutupan acara, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Tri Krisni Astuti, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Pasuruan, Dewan Hakim Provinsi Jawa Timur dan Dewan Kabupaten Pasuruan. Serta Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Camat se-Kabupaten Pasuruan, para alim ulama, Ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Kabapaten Pasuruan dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Pasuruan. (yan/s) 

#kabupaten pasuruan