Minggu, 19 Mei 2024

Unesa Beri Pelatihan Pengembangan Materi Pencemaran Udara Bagi Guru Geografi

Diunggah pada : 11 November 2023 11:20:34 21
Unesa Adakan Pelatihan Pengembangan Materi Pencemaran Udara Bagi Guru Geografi

Jatim Newsroom - Dalam upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Prodi S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya mengadakan pelatihan bertema Pengembangan Materi Pencemaran Udara untuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi se-Jawa Timur.

Pelatihan yang berlangsung di Laboratorium Sistem Informasi Geografis (SIG) Prodi S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) ini, dihadiri oleh guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi Jawa Timur yang berdomisili di Surabaya.

Koordinator Prodi (Koorprod) Pendidikan Geografi, Dr. Nugroho Hari Purnomo, M.Si, berpesan agar agenda Pengabdian kepada Masyarakat dengan guru-guru MGMP Geografi, bisa dilakukan rutin sebagai wadah dalam pengembangan kompetensi dan menjaga silahturahim dengan guru-guru MGMP Geografi Jawa Timur.

Setelah mengikuti pelatihan ini, para guru diharapkan bisa transfer ilmu kepada anak didiknya dan mempraktikkan penanaman pohon di lingkungan sekitar.  Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama Pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan materi pencemaran udara.

Adapun materi pelatihan bertema Pengembangan Materi Pencemaran udara untuk Guru MGMP Geografi Jawa Timur disampaikan oleh Dr. Fahmi Fahrudin Fadirubun, M.Pd. Materi berisi upaya reduksi pencemaran udara dengan Ruang Terbuka Hijau.

Dalam akhir pemaparan materi,  Dr. Fahmi Fahrudin Fadirubun, M.Pd. menekankan perlunya pemahaman siswa dalam mereduksi pencemaran udara. Upaya yang paling tepat dalam mereduksi pencemaran udara adalah memperbanyak Ruang Terbuka Hijau, baik Ruang terbuka Hijau Publik atau privat. (her/s)

#unesa