Sabtu, 4 Mei 2024

UKW ke-51 Dibuka, Ketua PWI Jatim : Ini Tidak Meningkatkan Ilmu, Tapi Tanggung Jawab Wartawan

Diunggah pada : 21 Juli 2023 13:55:15 299
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Lutfil Hakim

Jatim Newsroom- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 bertajuk 'Berkarya Demi Tingkatkan Kesejahteraan, Tanpa Mengabaikan Profesionalisme' resmi dibuka Jumat (21/7/2023) dan akan berakhir 23 Juli 2023 mendatang, terpusat di Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP), Budi Utomo Malang Kampus C, Jl. Citandui No.46, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, .

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfil Hakim menyampaikan, acara tersebut bukan untuk peningkatan ilmu, namun menambah tanggung jawab wartawan. "Ilmunya memang tak bertambah dalam sertifikasi ini, akan tetapi tanggung jawabnya itu yang betul-betul harus tambah. Ketika label kompeten telah disematkan," ucap Lutfil.

Lutfil menilai sertifikasi yang bakal disematkan pada lulusan UKW itu jadi pembeda antara pencari berita kompeten dengan yang tidak. Lantaran melalui pengujian tersebut, bakal disaring, sehingga bagi jurnalis yang tak mumpuni, harus rela pulang dengan tangan hampa."Ibaratnya orang yang berkendaraan, bukan berarti yang tidak punya SIM tidak boleh naik motor, Tetapi hanya yang punya SIM yang jelas harus lebih profesional," jelasnya.

Lutfi menyebut kini telah terjadi ketimpangan di tengah naiknya jumlah media online (perusahaan berita). Hingga kini jumlah lulusan wartawan berkompeten masih terbilang rendah. "Sejak dewan pers mengeluarkan aturan yang diperbaharui pada tahun 2002 tentang kewajiban sertifikasi ini, artinya sudah 14 tahun  Itu yang mengantongi sertifikasi baru 24 ribuan, sementara menurut data dari dewan pers ada 52 ribu media online," paparnya.

Lutfil menganalogikan, semisal dalam sejumlah redaksi itu terdapat 250ribu penulis berita, dan UKW digelar setiap tahun rata-rata hanya mampu meluluskan dua ribuan peserta. "Maka butuh waktu sekitar 113 tahunan untuk semua temen temen dengan asumsi ketimpangan itu,"ujarnya. (mad/hjr)

 

#PWI jatim