Kamis, 18 Juli 2024

UKM Jatim Manfaatkan Sistem Marketplace Telkom

Diunggah pada : 4 April 2024 13:08:25 37

Jatim Newsroom - Menjawab kebutuhan usaha kecil menengah (UKM) dalam mengembangkan sistem marketplace untuk mengelola bisnisnya secara lebih efisien, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui salah satu anak usaha menghadirkan solusi aplikasi OmniX Commerce. OmniX Commerce mampu mengelola order, stok produk, chat, dan toko dari berbagai platform penjualan secara terintegrasi. OmniX Commerce sebagai aplikasi pendukung social commerce juga dapat membantu UKM dalam mengelola bisnis di beragam platform secara sistematis dan terintegrasi dalam satu aplikasi. Sejumlah UKM di Jawa Timur pun telah memanfaatkan layanan ini.

Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, Kamis (4/4/2024) mengatakan, lewat OmniX Commerce, pelaku UKM dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola berbagai platform marketplace yang merupakan tools penjualan secara digital, mengecek ketersediaan barang semakin akurat dengan kemampuan OmniX Commerce melakukan sinkronisasi stok secara otomatis, hingga memberikan experience dalam melakukan penjualan semakin efektif dan efisien melalui pelaporan penjualan secara realtime.

Dalam membangun aplikasi OmniX Commerce ini, pihaknya berupaya untuk menemukenali berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UKM sehingga dapat membantu meningkatkan usahanya. “Kami ingin dapat menciptakan value lebih dengan memberikan rekomendasi dari hasil analitik pada aplikasi sekaligus memberikan insight yang membantu pelaku UKM menetapkan langkah strategis dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Dengan OmniX Commerce, Infomedia yakin dapat mendukung pemerintah mewujudkan transformasi digital di bidang ekonomi dan sosial dengan menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Aktivitas UKM yang telah mengadopsi teknologi digital secara menyeluruh dapat semakin bersaing dan bukan tidak mungkin akan terus bergerak merambah pasar internasional.

“Saat ini UKM membutuhkan banyak sekali dukungan, utamanya dari pelaku industri teknologi yang memiliki akses cukup luas terhadap beragam kebutuhan UKM di sektor digital. Kebutuhan UKM untuk masuk ke ekosistem digital memiliki urgensi tersendiri, dikarenakan consumer habit saat ini semakin erat dengan pemanfaatan teknologi digital dalam kesehariannya. Perusahaan teknologi yang memiliki modal hingga skill pengembangan sistem digital wajib mendukung kebutuhan UKM yang merupakan salah satu sektor penggerak utama perekonomian Indonesia tersebut,” tutup Eddy. (jal/hjr)

#Telkom Indonesia