Selasa, 21 Mei 2024

TRC Kabupaten Pasuruan Siap Bantu Masyarakat Hadapi Bencana

Diunggah pada : 1 Maret 2023 14:50:25 25
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom - Tim Reaksi Cepat (TRC) yang siap untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bencana telah disiagakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Ridwan Harris mengatakan, TRC ini beranggotakan para relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) hingga level pemerintah desa/kelurahan di Kabupaten Pasuruan. Tim ini sebenarnya para relawan yang selalu stand by saat bencana terjadi hingga pasca bencana

"TRC ini beranggotakan semua relawan, Tagana sampai para pegawai di BPBD khusus lapangan sampai ke level pemerintahan desa/kelurahan kita libatkan. Tapi karena potensi angin kencang ini dampaknya banyak, maka kita stand by khan semuanya," kata Harris hari ini, Rabu (1/3/2023).

Seperti diketahui, BMKG merilis waspada potensi angin kencang wilayah Jawa Timur masih terjadi mulai tanggal 27 Februari hingga 2 Maret. Karena itulah, BPBD menurut Harris perlu menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan cuaca dalam satu hingga dua minggu ke depan. Termasuk di Kabupaten Pasuruan, potensi angin kencang dalam tiga hari ini besar sekali dan terjadi.

Ditegaskan Harris, saat penanganan pasca kebencanaan, TRC juga dibantu oleh TNI, Polisi, Satpol PP, Pemerintah Desa dan masyarakat sekitar. Ia pun meminta masyarakat untuk segera lapor kepada perangkat desa/kelurahan atau BPBD jikalau ada bencana terjadi di wilayahnya masing-masing. “Masyarakat selalu memantau kondisi yang ada di sekitar rumah. Apabila ada hal yang berpotensi membahayakan, untuk segerA melapor kepada perangkat desa atau langsung ke BPBD,”pungkasnya. (yan/hjr)

#kabupaten pasuruan