Selasa, 21 Mei 2024

TP PKK Kab Pasuruan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

Diunggah pada : 8 Maret 2023 14:22:39 39
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Wakil Ketua I Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pasuruan, Nanik Asnawati Mujib Imron membuka secara langsung lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), yang digelar oleh TP PKK Kabupaten Pasuruan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Rabu (08/03/2023).

Para peserta peserta diwajibkan untuk membuat menu makanan keluarga yang bahannya berasal dari potensi lokal di daerahnya masing-masing.

"Menunya variatif dan nyari bahannya juga dari sekitar. Seperti ubi, kelor, kentang, dan lainnya. Cantik semua tampilannya," ucapnya.

Nanik Asnawati berharap seluruh makanan minuman para peserta bukan hanya dibuat untuk kepentingan lomba saja. Melainkan menjadi menu keluarga, khususnya untuk anak-anak di setiap harinya.

Nanik menghimbau agar para ibu tidak membiasakan anak-anaknya untuk makan yang serba instant seperti mie goreng, nasi goreng dan mamin yang praktis. Sebab belum tentu terjamin gizi dan keamanannya yang dapat berpengaruh pada kesehatan anak itu sendiri. Karena kesehatan adalah investasi.

Ketua Panitia Pelaksana, Ratna Irianto menjelaskan, total ada 24 peserta yang mengikuti lomba cipta menu B2SA. Mereka berasal dari 24 kecamatan, dimana per peserta terdiri dari 2 orang anggota PKK Kecamatan.

Lomba kali ini, para peserta tak perlu memasak seluruh makanan dan minuman di tempat lomba, melainkan dimasak di rumah kemudian dibawa ke tempat acara untuk diplating alias ditampilkan dengan highlight yang menawan.

"Di sini hanya plating saja. Tidak ada demo memasak, tapi semua makanan minuman disajikan di tempat lomba, ditata sedemikian rupa untuk membuat dewan juri kagum," jelasnya.

Selama lomba berlangsung, hasil olahan makanan minuman peserta dinilai oleh dewan juri yang berasal dari ahli gizi, koki di restoran dan akademisi. Kata Ratna, peserta yang menjadi juara 1 akan mewakili Kabupaten Pasuruan untuk berlomba di level yang lebih tinggi.

"Jadi yang dinilai bukan hanya tampilan saja, tapi  rasa dan kreatifitas juga ikut menentukan," jelasnya. (yan/n)

#kabupaten pasuruan