Sabtu, 27 April 2024

TMMD ke-119 Akselerasi Pembangunan Infrastruktur hingga Ketahanan Pangan di Lamongan

Diunggah pada : 21 Maret 2024 7:58:57 20
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 di Kabupaten Lamongan. Sumber Foto: Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur hingga upaya peningkatan ketahanan pangan, melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan (21/3/2024), kegiatan yang berlangsung sejak 20 Februari 2024 di Desa Brengkok Kecamatan Brondong ini diapresiasi oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi. 

“Kegiatan TMMD yang rutin dilaksanakan tahunan tentu sangat memberikan dampak bagi masyarakat Lamongan, baik dari segi fisik hingga non fisik. Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena kegiatan ini sangat membantu Pemkab Lamongan dalam merealisasikan program desa Berjaya,” tuturnya.

Pembangunan fisik yang telah dituntaskan ialah rabat beton sepanjang 1.052 meter dengan lebar jalan 4 meter dan tinggi beton 0,20 meter. Adanya rabat Benton tentu sangat membantu masyarakat dalam melakukan mobilisasi sosial ekonomi. Untuk menunjang kesejahteraan masyarakat juga dilakukan pembangunan rumah tidak layak huni sebanyak 10 rumah, bertujuan untuk menunjang tempat tinggal masyarakat sehingga memenuhi kriteria aman dan sehat.

“Pembangunan jalan di sini tentu akan membantu masyarakat, salah satunya petani karena jalan yang mantap dan alus tentu mendukung percepatan kegiatan panennya,” kata Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Selanjutnya Bupati Lamongan mengatakan melalui program TMMD juga telah mendukung peningkatan ketahanan pangan di wilayah Brengkok. Hal tersebut diwujudkan dengan kegiatan pengerukan embung yang bertujuan menambah kapasitas air yang dapat digunakan untuk kebutuhan pertanian. Sebagai lumbung pangan nasional, kegiatan tersebut diyakini sangat membantu di untuk menjaga ketahanan pangan.

Diterangkan oleh Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapok Sahli) Pangdam V/Brawijaya, Ramli yang hadir mewakili Pangdam V/Brawijaya Rafael Granada, kebutuhan air untuk pertanian saat ini memang menjadi salah satu program prioritas TNI. Karena dengan kebutuhan yang tercukupi dipastikan bisa mempertahankan hingga meningkatkan kebutuhan pangan di Indonesia.

“Pengerukan embung yang dilaksanakan dalam TMMD ini tentu membantu program menjaga kebutuhan air untuk pertanian. Karena yang kita tahu Lamongan merupakan lumbung pangan nasional, namun ada beberapa daerah yang masih kekurangan air untuk melakukan kegiatan pertanian. Jadi kami harap TMMD dapat membantu menuntaskan permasalahan tersebut,” terangnya.

Ramli berpesan agar masyarakat menjaga infrastruktur yang telah rampung dituntaskan, agar kegunaannya dapat berlangsung lama dan tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #TNI Manunggal Membangun Desa