Kamis, 2 Mei 2024

Tinjau TPS Mojokerto, Gubernur OptimistisPilkada 2015 Aman dan Lancar

Diunggah pada : 9 Desember 2015 22:06:13 5

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo optimistispemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015 yang serentak dilaksanakan di 19 kabupaten/kota di Jatim berjalan aman dan lancar.        

“Alhamdulillah setelah kami pantau pelaksanaan pilkada serentak di Jatim berjalan aman dan kondusif,” kata Pakde Karwosaat melakukan peninjauan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1 Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Rabu (9/12).

Pakde Karwo mengatakan, dibandingkan sebelumnya, partisipasi masyarakat dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur tahun ini cukup bagus dan tinggi. Ini karena masyarakat Jatim sadar betul bahwa kemajuan di daerahnya akan sangat ditentukan oleh sang bupati/walikota yang akan terpilih kelak.

Ia mencontohkan, Kab. Mojokerto yang sebelumnya diprediksikan jumlah golongan putih (golput)-nya tinggi  dan dikhawatirkan terjadi kerusuhan akibat pencoretan salah satu pasangan calon ternyata tidak terbukti. Bahkan saat ia memantau pada pukul 10.30 WIB, partisipasi pemilihnya juga cukup besar, yaitu mencapai 60 persen.   

“Sampai saat ini, untuk wilayah Surabaya yang dilaporkan Ketua KPU juga mengalami peningkatan partisipasi pemilih Pilkada mencapai 45 – 50%. Ini lebih baik dibandingkan 5 tahun lalu. Secara umum, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Jatim tahun ini meningkat dibandingkan pelaksanaan pilkada sebelumnya,” ujarnya.

Terkait keamanan pelaksanaan pilkada serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim, lanjutnya, secara keseluruhan juga berjalan aman dan kondusif. “Terima kasih kepada seluruh pihak, baik KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan masyarakat Jatim yang telah ikut menyukseskan, menjaga, dan mengawal pesta demokrasi di Jatim ini” ujarnya.

Di TPS 1 Kecamatan Mojosari, terdapat 376 DPT yang terdiri dari 373 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan-1 (DPTb-1) sebanyak 3 orang. Sementara secara keseluruhan, di Kecamatan Mojosari terdapat 103 TPS dan 54.634 DPT.

Sebelum meninjau TPS 1 Kecamatan Mojosari, Pakde Karwo bersama Kapolda Jatim, Irjen Anton Setiadji Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Sumardi serta Muspida Kabupaten Mojokerto berkesempatan melakukan pembicaraan melalui teleconference dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan  dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Gedung Mapolres Mojosari.

Pada kesempatan itu, Luhut berpesan agar seluruh jajaran kepolisian daerah dan TNI untuk mengawal dan menjaga dengan maksimal pilkada serentak yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini. Pasalnya, kesuksesan pilkada kali ini akan menjaga wibawa dan nama baik Indonesia di mata dunia.

“Mari kita jaga pesta demokrasi ini agar berjalan dengan baik, pilkada ini diamati dunia internasional, ada  70 pengamat internasional yang menyimak pilkada kita. Karena itu, kita buktikan bahwa pilkada kita dilaksanakan dengan matang, kita buktikan kepada negara lain, dan khususnya kepada bangsa kita sendiri bahwa kita mampu melaksanakan demokrasi dengan baik dan menghormati hasil pilkada. Saya percaya kepada seluruh jajaran TNI dan POLRI bisa menjaga dan mengawal pilkada dengan baik” ujarnya.

Luhut juga mengapresiasi Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menjalankan perannya dengan baik. Jika masih terjadi kekurangan maka itu berada di luar kemampuan pemangku kebijakan seperti persoalan hukum. “Semua pihak sepakat menegakkan peraturan perundang-undangan untuk mendisiplinkan ‎masyarakat. Jika diingatkan tidak mau, maka kita akan mengambil langkah tegas sesuai peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Sebagai informasi, terdapat 92 calon yang bakal berebut simpati rakyat di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Timur. Jika terpilih, mereka akan memimpin daerah tersebut selama lima tahun yang akan datang yakni periode 2015-2020. (put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait