Sabtu, 4 Mei 2024

Tingkatkan Ekspor Rumput Laut, Pemerintah Kembangkan SDM Pembudidaya

Diunggah pada : 29 Juli 2022 18:44:10 70
Pengembangan SDM pembudidaya rumput laut oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Jatim Newsroom- Komoditas rumput laut punya kontribusi nilai ekonomi tinggi baik untuk pertumbuhan ekonomi domestik maupun komoditas ekspor. Rumput laut menjadi satu dari komoditas unggulan ekspor di samping udang, kepiting, dan lobster. 

Kepala Puslatluh KP, Lilly Aprilya Pregiwati, Jumat (29/7/2022) mengatakan, rumput laut Euchema cottonii memiliki berbagai keunggulan tersendiri. Dengan demikian diharapkan para peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya.

"Euchema cottonii ini punya banyak keunggulan antara lain mudah dibudidayakan, masa budidaya yang singkat, biaya operasionalnya yang tidak terlalu besar, tidak merusak lingkungan, dan mudah dipasarkan," ujar Lilly.

"Bandingkan dengan proses budidaya yang sudah Bapak dan Ibu lakukan dan jangan ragu untuk bertanya. Salah satu yang harus ditanyakan kepada pelatih adalah cara menanggulangi penyakit ice-ice pada rumput laut. Harapannya, nanti Bapak dan Ibu bisa membudidayakan Euchema cottonii ini dengan perkembangan teknologi terkini," lanjutnya.

Pengembangan budidaya empat  (rumput laut, udang, kepiting, dan lobster) komoditas unggulan di pasar global tersebut adalah salah satu program prioritas KKP tahun 2022-2024. Untuk itu perlu peningkatan kapasitas masyarakat pembudidaya rumput laut untuk peningkatan produksi di pasar global.

Pasalnya, komoditas ini memiliki nilai ekonomi tinggi yang ditunjukkan dengan volume ekspor tahun 2020 sebesar 195.574 ton dengan nilai mencapai USD279,58 juta. Produktivitas rumput laut setiap tahun terus mengalami peningkatan, terlebih untuk volume ekspor rumput laut. 

Menurut data dari statistik.kkp.go.id, volume rumput laut di pasar ekspor tahun 2021 meningkat menjadi 225.612 ton dengan nilai mencapai USD345,11 juta. Tak heran Indonesia menjadi produsen rumput laut kedua setelah Tiongkok. (jal/hjr)

#budidaya

Berita Terkait