Selasa, 21 Mei 2024

Tahun 2024, Pemkab Pasuruan Targetkan Investasi Rp. 9,5 T

Diunggah pada : 19 Februari 2024 19:50:47 62
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom  - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTST) Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, memasuki tahun politik 2024 ini, hanya mematok target dalam urusan nilai investasi yang masuk ke daerah sebesar Rp 9,5 triliun lebih sedikit  apabila dibandingkan dengan tahun 2023 sebesar Rp 10,5 triliun.

”Target nilai investasi tahun ini sengaja diturunkan. Sebab pihaknya telah mengasumsikan bahwa investor juga masih wait and see untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Pasuruan sampai struktur pemerintahan jelas usai Pemilu selesai digelar. Karena kondusifitas wilayah juga berpengaruh pada pertumbuhan investasi," kata Syaifudin, Senin (19/2/2024).

Besaran nilai investasi yang ditargetkan tahun ini, menurut Syaifuddin sudah cukup ideal. Terlebih pertumbuhan investasi biasanya memang baru bergulir signifikan di penghujung tahun. Sama halnya yang terjadi tahun lalu ketika bulan-bulan pertama masih kisaran Rp 8 triliunan. Masifnya memang ketika akhir tahun.

Lebih lanjut Syaifudin menegaskan bahwa belum rampungnya revisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah ( Perda RTRW) juga diperkirakan membuat iklim investasi tidak melesat cepat. Karena bagaimanapun investor perlu kepastian regulasi.

Meski diturunkan, namun Syaifudin tak memungkiri beberapa sektor masih menjadi potensi yang menjanjikan bagi investor. Mulai dari sektor sumber daya air, energi, pariwisata, pertanian, perikanan, peternakan, hingga kawasan industri.

Hanya saja, pihaknya juga harus realistis dalam menargetkan nilai investasi di tahun ini. Dalam artian menyesuaikan kondisi dan situasi di dalam negeri yang dapat mempengaruhi iklim investasi di daerah. (yan/hjr)

 

 

 

#kabupaten pasuruan