Minggu, 16 Juni 2024

Student Health Care Center ITS Diharapkan Mampu Turunkan Tingkat Kegagalan Mahasiswa

Diunggah pada : 1 Februari 2024 20:53:01 40
Ketua Senat Akademik ITS Surabaya, Prof. Syafsir Akhlus, saat memberikan sambutannya pada agenda peluncuran Student Health Care Center (SHCC), di ITS Surabaya, Kamis (1/2/2024). Foto : Rafly - Ihsan / JNR

Jatim Newsroom – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi meuncurkan fasilitas baru bagi mahasiswanya, yakni Layanan Konsultasi Kesehatan Mental atau disebut dengan Student Health Care Center (SHCC), Kamis (1/2/2024). Pada momen itu, Ketua Senat Akademik ITS Surabaya, Prof. Syafsir Akhlus mengatakan, dengan adanya layanan ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kegagalan mahasiswa dalam berproses akademis. 

“Dengan adanya layanan konsultasi kesehatan mental ini, saya yakin akan menurunkan derajat kegagalan dari para mahasiswa kita. Dan melalui layanan ini, anak-anak atau mahasiswa kita yang akan mengikuti lomba bisa kita beri sedikit treatment atau layanan konsultasi untuk menenangkan mental mereka supaya lebih termotivasi,” jelas Prof. Syafsir dalam sambutannya. 

Prof. Syafsir menerangkan, saat ini pihaknya mengadakan kunjungan pada beberapa instansi di Perancis. Ia menemukan hal yang menarik, ketika mengunjungi suatu universitas yang di dalamnya juga ada layanan unggulan pusat layanan ksehatan mental mahasiswa, persis seperti yang diresmikan ITS ini, sejak tiga tahun lalu. 

“Ternyata, dengan layanan itu bisa sangat secara signifikan menurunkan tingkat kegagalan mahasiswa dalam proses akademis mereka. Kalau di sana, targetnya adalah menrunkan tingkat kegagalan mahasiswa, karena mahasiswa yang gagal itu rata-rata mereka pintar, cuma ada hal yang tidak pas dalam hidupnya. Kadang-kadang kegagalan orang itu bukan karena kapasitasnya, tapi lebih kepada kesinambungannya menghadapi kenyataan,” terangnya. 

Dengan diresmikannya layanan baru ini, Prof. Syafsir mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) ITS yang berperan penting dalam pembuatan layanan SHCC ini. “Kebutuhan mahasiswa terhadap layanan kesehatan dari tahun ketahun itu layak diperhitungkan. Mari kita maksimalkan layanan ini ke depan,” ucapnya.  

Diketahui, layanan konsultasi kesehatan mental atau SHCC ITS ini, secara resmi diluncurkan oleh Rektor ITS Surabaya, Prof. Mochamad Ashari. Turut hadir dalam peluncuran ini, Ketua IKOM ITS, Wahid Wahyudi, Wakil Rektor, dekan, kepala departemen, serta para pejabat struktural ITS lainnya. (vin-tere/s) 

#its #ITS Surabaya #SHCC