Kamis, 18 Juli 2024

Stranas PK Tekankan Pentingnya Sistem Pendidikan dalam Mendukung Kesadaran Anti-Korupsi Sejak Dini

Diunggah pada : 14 Juni 2024 21:26:38 41
Tenaga Ahli Stranas PK Bimo Gunung Abdul Qadi (baju putih) saat menjadi pembicara dalam podcast Kominfo Jatim.

Jatim Newsroom - Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) menekankan perlunya sistem pendidikan yang mendukung kesadaran anti-korupsi sejak dini. Pernyataan ini disampaikan oleh, Tenaga Ahli Stranas PK, R Bimo Gunung Abdul Kadir, saat menjadi pembicara dalam podcast Kominfo Jatim. 

"Pendidikan itu penting dalam membentuk karakter yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas moral yang kuat," tutur Bimo, sepeti dikutip pada Jumat (14/6/2024). 

Lebih lanjut, Bimo pun mengakui bahwa masalah korupsi bukan hanya tentang sistem, tetapi juga tentang karakter individu yang sering kali dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikan. 

Terkait pengawasan daerah dan pencegahan korupsi, Bimo menyebutkan salah satu poin utama di dalamnya ialah tentang ratifikasi undang-undang internasional oleh pemerintah Indonesia yang memperkuat komitmen untuk melawan korupsi, serta pembentukan KPK sebagai salah satu institusi kunci dalam upaya pemberantasan korupsi. 

"Pentingnya percepatan dan efektivitas dalam penegakan hukum terkait korupsi, di dukung oleh peraturan-peraturan seperti Perpres Nomor 55 Tahun 2012 dan upaya penguatan internal auditor di pemerintahan," sebut Bimo.

Selain itu, Bimo pun menyoroti, terkait pentingnya independensi dan objektivitas dari inspektorat, baik di tingkat kota/kabupaten maupun provinsi, untuk menghindari campur tangan yang tidak semestinya dalam tugas pengawasan mereka. 

"Di sisi lain, terdapat juga rencana aksi dan kebijakan yang terus diperbarui untuk memperkuat sistem pencegahan korupsi, termasuk dalam pendidikan dan literasi anti-korupsi di masyarakat. Pencegahan Korupsi di Indonesia," pungkasnya. (vin/s)

#Stranas PK