Sabtu, 2 Maret 2024

Srikandi PLN Ajak Mahasiswa Partisipasi Akselerasi Transisi Energi

Diunggah pada : 2 Desember 2023 18:22:40 96

Jatim Newsroom-  Sebagai upaya pemberdayaan generasi muda dan pengenalan peran penting PT PLN (Persero) dalam transisi energi, Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengajak ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya Malang (FEB-UB) di seminar PLN Transformation : Answering Business Challenges Today and Future beberapa waktu lalu.

General Manager PLN UID Jawa Barat sekaligus selaku Koordinator Srikandi PLN Wilayah Jawa, Susiana Mutia memperkenalkan srikandi PLN merupakan tim gugus tugas PLN yang mengkampanyekan pengarustamaan gender dengan penguatan peran perempuan dalam operasional bisnis maupun kegiatan sosial lainnya.“Untuk menjawab tantangan bisnis kini dan masa depan, PLN melakukan transformasi secara masif di seluruh lini bisnis. Salah satunya ialah dengan komitmen transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) di 2060 nanti,” terang Susiana dalam siaran tertulis, Sabtu (2/12/2023).  

Ia menambahkan, langkah yang bisa diambil mahasiswa untuk mengambil peran mensukseskan transisi energi ialah dengan melakukan perubahan kecil. Misalnya mulai menggunakan motor listrik, kompor induksi, dan menularkan semangat electrifying lifestyle kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, transformasi pada sisi digital juga sudah dilakukan PLN. Salah satunya melalui aplikasi PLN Mobile yang mengkolaborasikan aspek people dan teknologi untuk optimalisasi layanan pelanggan. PLN Mobile telah menjadi aplikasi bisnis populer di playstore yang mampu menjawab kebutuhan pengguna untuk segala urusan kelistrikan. Selain itu, PLN Mobile juga sudah merambah bisnis di luar kelistrikan (beyond kWh) seperti ICONNET, EV Digital Service, dan EV Marketplace.

Menambah wawasan dan insight tentang perempuan berdaya dan percaya diri, Communication and Self Development Coach, Anelies Praramadhani memberikan paparan tentang “How Empowering Women Changes The World” kepada para mahasiswa. “Bersihkan diri dari trauma dan hal-hal yang membebani mental kita. Dengan memahami rasa takut itu penting untuk menjadi diri sendiri sehingga kita bisa mencapai potensi diri yang sejati,” ajaknya.

Mengapresiasi apik program ini, Wakil Dekan Bidang Umum, Keuangan dan Sumberdaya FEB - UB, Prof. Dr. Asfi Manzilati, ME menuturkan kehadiran srikandi PLN ini sedikit mengapus stereotype PLN sebagai perusahaan maskulin.“Perempuan, kamus yang telah tertulis tak bisa diubah. Susunlah kamus berdasar hari nuranimu. Banyak perdebatan atas penyebutanmu. Jadikan dirimu versi terbaikmu. Srikandi PLN memang keren menunjukkan representasi gender yang setara di bidang kelistrikan. Kualitasnya paten,” kata Asfi.

Rania, salah satu mahasiswa manajemen mengaku antusias dan berharap dapat berkontribusi dalam upaya transisi energi. “Hari ini saya mendapatkan banyak insight dari Srikandi PLN. Saya ingin turut menjadi change agent dalam transisi energi. Saya akan ikut mengkampanyekan ini mulai dari lingkungan terdekat saya seperti keluarga dan teman-teman. Semoga bisa menjadi Pegawai PLN setelah lulus nanti,” tutur Rania.

Kegiatan Srikandi Goes to Campus ini merupakan salah satu program PLN yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Berkolaborasi dengan beberapa universitas, kegiatan ini diharapkan dapat menjelaskan posisi penting PLN dalam proses transisi energi, menginspirasi generasi muda untuk berani dan berkontribusi, menjawab era ke depan yang dipenuhi dengan tantangan dan peluang. (hjr)

#PLN UID Jatim