Jumat, 17 Mei 2024

Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Evakuasi Medis Udara Bawean-Surabaya

Diunggah pada : 18 Oktober 2023 9:05:29 10

Jatim Newsroom- Usai mendapatkan perintah gerak untuk melaksanakan Evakuasi Medis Udara (EMU), Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal dengan sigap segera menyiapkan pesawat udara NC 212 Aviocar di Pangkalan Udara TNl AL Juanda untuk melaksanakan EMU dari Bawean menuju Surabaya, Selasa (17/10/2023).

Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Ma'arif menyampaikan bahwa Evakuasi Medis Udara ini dilakukan untuk menjemput pasien salah satu peserta Jambore Pramuka di Bawean, Gresik Jawa Timur,  a.n. Adinda Putri Syaharani dari regu Seruni Kwarran Wringinanom, Kwartir Cabang Gresik yang mengalami kecelakaan pada Senin (16/10) sekitar pukul 14.00 Wib dan tidak sadarkan diri.

Kecelakaan tersebut menimpa  siswa peserta jambore a.n. Adinda Putri Syaharani dari regu Seruni Kwarran Wringinanom, Kwartir Cabang Gresik pada hari Senin 16 Oktober 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan informasi di lapangan, dari tim medis yang terlibat dilokasi bahwa, peserta tersebut tertimpa tenda yang terbalik akibat angin kencang di area jambore, sehingga mengalami trauma dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umat Mas'ud, Bawean.

"Karena tidak sadarkan diri selama proses pertolongan pertama di RS Umat Mas'ud, sehingga panitia dan tim kesehatan langsung meminta dukungan untuk evakuasi agar dapat dibawa ke Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya," terang Maarif  -sapaan akrab Danwing Udara 2 Puspenerbal ini.

Menurut Komandan Wing Udara 2, Pesud NC 212 sebagai pesawat operasional tentunya siap menjalankan misi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di TNI Angkatan Laut. Salah satunya Evakuasi Medis Udara ini.

Dalam misi EMU ini lanjutnya, Skuadron Udara 600 menugaskan Lettu Laut (P) Seto dan Letda Laut (P) Mirza untuk menerbangkan NC 212 Aviocar  dari Pangkalan Udara TNI AL Juanda menuju ke Bandara Harun Thohir Bawean dan kembali ke Juanda. (hjr)

#puspenerbal