Selasa, 7 Mei 2024

Siswa SD di Sidoarjo Peringati Hari Pahlawan dengan Main Drama Perjuangan

Diunggah pada : 9 November 2023 18:36:53 71
Siswa SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo memperingati Hari Pahlawan dengan Main Drama Perjuangan. Kamis (9/11/2023)

Jatim Newsroom – Para siswa perlu mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan di masa lalu yang berhasil mengantarkan kemerdekaan Indonesia. Semangat juang dan mental positif yang dimiliki para pahlawan juga perlu terus ditanamkan ke dalam diri para siswa. 

Hal ini disampaikan Plt. Kepala SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo, Nanik Sutini yang memperingati Hari Pahlawan dengan menggelar sejumlah kegiatan, Kamis (9/11/2023). “Kelas 1-3 mewarnai, kemudian kelas 4 dan 5 menulis puisi, serta kelas 6 menampilkan drama perjuangan dan pembacaan puisi berjudul Tanah Bangsa dan Pahlawan Tak Dikenal,” terangnya. 

Melalui serangkaian kegiatan tersebut, Nanik berharap mampu mengantarkan anak-anak Jawa Timur, khususnya para siswanya mampu memahami arti sebuah perjuangan. Para siswa dan guru pun mengenakan seragam TNI, POLRI, perawat, kebaya, hingga batik saat mengikuti kegiatan hari ini. 

“Tujuan kegiatan khususnya di Hari Pahlawan ini adalah untuk memperkenalkan pada anak didik kami bahwa perjuangan itu sangat berat dan untuk mencapai kemerdekaan tidak mudah. Karena disertai dengan perjuangan dan jerih payah para pahlawan-pahlawan, maka diharapkan anak-anak itu selalu mengenang bagaimana susahnya untuk mencapai kemerdekaan di negara Indonesia ini,” tuturnya. 

Kegiatan ini juga diyakini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2023 yaitu “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Jadi untuk tenaga pendidik pun bisa memupuk rasa kepahlawanan pada siswa, sehingga siswa bisa merasa oh dulu seperti itu perjuangannya. Sekarang saya yang sudah merdeka harus betul-betul memanfaatkan kemerdekaan ini dengan cara belajar yang sungguh-sungguh dan belajar kreatif, agar negara kita tetap merdeka dan tidak mudah dijajah oleh negara lain,” tegasnya. 

Tidak hanya memperingati Hari Pahlawan, SDN Punggul 2 ini juga memperingati hari-hari besar lainnya. “Setiap ada hari besar nasional kami berupaya untuk memperingati. Jadi tidak hanya Hari Pahlawan, tapi juga Hari Sumpah Pemuda, hari keagamaan, hari besar Islam, kami berupaya untuk selalu memperingatinya,” terang Nanik. (idc/s)

#sidoarjo #hari pahlawan #SDN Punggul 2