Rabu, 8 Mei 2024

Semangat Hari Pahlawan dalam Seni Mural Permainan Tradisional

Diunggah pada : 9 November 2023 18:38:59 48
Seni Mural Permainan Tradisional di SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo

Jatim Newsroom – Semangat Hari Pahlawan diaplikasikan dalam sebuah karya seni oleh salah satu seniman mural Sidoarjo, Jawa Timur, Saifullah Ibrahim, yang bekerja sama dengan SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo. 

Seniman mural ini menyulap lapangan SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo menjadi arena permainan tradisional, mulai dari engklek hingga ular tangga. Ia meyakini permainan tradisional sarat akan budaya dan nilai-nilai kebangsaan yang harus terus dilestarikan. 

“Jadi tujuan karya ini adalah untuk edukasi ke sekolah-sekolah TK dan SD, termasuk dalam memperingati Hari Pahlawan, saya berharap adik-adik di sekolah bisa bermain dengan kompak, terus semangat untuk belajar, dan lebih berkarya lagi untuk bangsa dan negara,” ujarnya Kamis (9/11/2023). 

Ia pun berharap karyanya bisa menginspirasi masyarakat Jawa Timur dan luar Jawa Timur. “Ini sudah puluhan sekolah dan saya berharap juga bisa menginspirasi teman-teman di luar kota bahkan luar pulau. Dalam salah satu postingan saya di instagram dan facebook kemarin juga ada teman di daerah Sampit Kalimantan minta izin ingin mengkaryakan semacam ini di sekolah mereka. Saya katakan silakan,” tuturnya. 

Hal senada disampaikan Plt. Kepala SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo, Nanik Sutini. Ia menerangkan melalui permainan tradisional, ada kegiatan motorik yang bisa menggerakkan kreativitas anak. “Selain itu juga untuk membina gotong royong, kemandirian sekaligus kebersamaan. Sejalan dengan nilai-nilai dalam peringatan Hari Pahlawan,” terang Nanik. 

Apalagi di era serba digital ini, Nanik berharap anak-anak Jawa Timur, khususnya para siswanya tetap bisa mengenal dan memainkan permainan tradisional di lapangan atau halaman sekolah. 

“Memang sekarang zaman modern dan digital, tapi permainan tradisional jangan dilepas dan dihilangkan begitu saja. Jadi alhamdulillah kami bisa menciptakan permainan supaya anak-anak mengenal zaman dahulu itu permainannya seperti ini. Supaya permainan tradisional ini bisa sampai kapan pun tetap bisa terlaksana dan tidak dengan mudahnya hilang musnah karena pengaruh teknologi yang ada,” tegasnya. 

Selain itu, dalam memperingati Hari Pahlawan, SDN Punggul 2, Gedangan, Sidoarjo juga menggelar sejumlah kegiatan. Para siswa dan guru pun mengenakan seragam TNI, POLRI, perawat, kebaya, hingga batik saat mengikuti kegiatan hari ini. 

“Kelas 1-3 mewarnai, kemudian kelas 4 dan 5 menulis puisi, serta kelas 6 menampilkan drama perjuangan dan pembacaan puisi berjudul Tanah Bangsa dan Pahlawan Tak Dikenal,” kata Nanik. (idc/s)

#sidoarjo #hari pahlawan #SDN Punggul 2 #seni mural #permainan tradisional