Rabu, 8 Mei 2024

Selama Pandemi Hampir 30 Ribu Pekerja Migran Pulang Ke Tanah Air

Diunggah pada : 2 September 2021 20:39:51 16

Jatim Newsroom - Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah pulang ke kampung halamannya selama pandemi Covid 19 nyaris menembus 30 ribu orang.

Posko Penanganan Pemulangan PMI Jawa Timur menyebutkan data kedatangan sampai dengan, Rabu (01/09) mencatat sebanyak 28.996 orang tiba di tanah air melalui Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Para pekerja migran ini sebagian besar bekerja pada sektor informal terutama di negara Singapura, Malaysia, Taiwan dan Hongkong, mereka berasal dari kabupaten kota di Jatim dan juga provinsi lain di Indonesia.

Kedatangan PMI yang berasal dari luar provinsi berjumlah 3.903 orang, yang sudah pulang ke daerah masing-masing ada 3.903 orang dan 389 orang lainnya masih karantina di Asrama Haji, Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemendikbud serta Balai Pendidikan dan Pelatihan Kemenag di Ketintang Surabaya.

PMI asal Jatim sendiri terbanyak dari pulau garam Madura, yaitu Kabupaten Sampang 3.488 orang, Kabupaten Pamekasan 1.941 orang, Kabupaten Bangkalan 1.363 orang, sedangkan Kabupaten Sumenep menempati urutan setelah PMI yang berasal dari kawasan selatan Jawa Timur seperti Kabupaten Malang, Blitar, Tulungagung, Jember dan Ponorogo.

Untuk PMI dari luar provinsi terbanyak dari Jawa Tengah yaitu 2.046 orang, NTB 907 orang, Jawa Barat 205 orang dan NTT 157 orang serta provinsi lain dibawah 100 orang, Provinsi Kepulangan Bangka Belitung mencatat hanya ada 1 orang yang pulang ke tanah air melalui Bandara Juanda Sidoarjo. "Kedatangan para pahlawan devisa negara ini, pemerintah memberikan pelayanan melalui Posko Penanganan PMI ini dan merupakan kehadiran negara bagi mereka," terang Ka.UPT. Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Disnakertrans.Jatim, Budi Rahardjo. (pno)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait