Kamis, 19 September 2024

Sekda Kota Blitar Segera Susun Rencana Umum Penanganan Sampah

Diunggah pada : 12 Juli 2024 11:04:19 36

Jatim Newsroom - Kota Blitar terpilih menjadi salah satu daerah yang akan menerima pendampingan program USAID Selaras yang di-launching Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Sekretaris Daerah Kota Blitar bersama 17 Kota – Kabupaten lainnya turut menandatangani kesepakatan sebagai lokasi dampingan program USAID SELARAS yang diselenggarakan di Jakarta Pusat.

Mengutip laman Pemerintah Kota Blitar, Jumat (12/7/2024), Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan program USAID SELARAS merupakan bentuk kerjasama Pemerintah Pusat bersama Lembaga Pembangunan Internasional dari Amerika Serikat. Kerjasama itu difokuskan pada penanganan sampah yang ada di daerah. Sehingga penanganan sampah dari hulu ke hilir bisa ditangani dengan baik. Terutama dalam memilah dan memilih sampah, agar tidak sampai terbawa ke laut. 

Untuk itu, Priyo mengaku akan segera berkoordinasi untuk mematangkan rencana umum penanganan sampah di daerah. Pihaknya juga akan memastikan kecukupan anggaran daerah untuk penanganan sampah. Sehingga, pengelolaan sampah bisa dilakukan secara berkelanjutan. Priyo juga akan menggandeng perusahaan atau pelaku usaha yang menyumbangkan sampah plastic terbanyak di daerah, agar menyumbangkan CSR-nya untuk penanganan sampah. 

Jika kesiapan itu matang, Priyo menyebut Pemerintah Daerah akan segera menerima kunjungan dari tim USAID SELARAS yang akan memonitor langsung bagaimana pengelolaan dan penanganan sampah di Kota Blitar.

"Masih bentuk tahapan forum group diskusi dan juga pematangan perencanaan umum dan nantinya tim USAID SELARAS akan datang ke setiap Kota Kabupaten yang terpilih," tambah Priyo.

Sementara itu, ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang terpilih sebagai lokasi dampingan USAID SELARAS, yaitu Kota Pasuruan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Sidoarjo. (van/hjr)

#Kota Blitar #USAID #Wali Kota Blitar