Selasa, 7 Mei 2024

Sebanyak 885 Personel Kepolisian Amankan Pilkada Situbondo

Diunggah pada : 9 Desember 2015 16:50:07 3

Jatim Newsroom- Guna mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Situbondo, sebanyak 885 personil kepolisian gabungan Polres Situbondo  dan Polda Jatim melakukan pengamanan di sejumlah wilayah.

"Kekuatan penuh Polres Situbondo sebanyak 674 personel sisanya dari  Polda Jatim dan 489 personel dikerahkan untuk pengamanan di TPS dan selebihnya siaga," kata Kapolres Situbondo, AKBP Puji Hendro Wibowo. Rabu (9/12).

Kapolres  optimis pelaksanaan Pilkada di Situbondo aman. "Kalau ada ketegangan suhu politik di setiap daerah, itu biasa. Yang jelas, tingkat kerawanan di semua wilayah terus kita pantau" terangnya.

Kekuatan pengamanan menurut Kapolres uga didukung 75 personel BKO Brimob Malang, 1 SSK Dalmas Probolinggo, 53 siswa Diktuba, dan 1 unit Intel Polda Jatim.

Menurut Kapolres Puji, pihaknya sudah mematakan status keamanan dari
1.753 TPS di Situbondo. Masing-masing 1.669 TPS status aman, 171 TPS Rawan I, dan 13 TPS statusnya Rawan II. Untuk TPS status aman, akan dijaga 1 polisi dan 10 orang Linmas untuk 5 TPS. "Untuk TPS Rawan I, akan dijaga 1 Polisi dan 4 orang Linmas untuk 2 TPS. Sedangkan untuk TPS Rawan II, per TPS-nya akan dijaga 1 personil polisi dan 2 orang Linmas. Saya harap semua pihak bisa bersama-sama menjaga kondusifitas daerah," pungkas Kapolres Puji.

Pilkada Situbondo diikuti tiga pasangan calon, yakni, yakni nomor urut 1 KH Abdullah Faqih dengan Untung yang diusung oleh PDIP dan Demokrat, nomor urut 2 KH Abdul Hamid Wahid dengan LA Fadil Muzakki Syah yang diusung PPP dan Gerindra dan urut 3 petahana Dadang Wigiarto dengan Yoyok Mulyadi yang diusung PKB dengan Nasdem.

Sementara  seperti yg diberitakan sebelumnnya, daerah yang  melaksanakan Pilkada serentak di Jatim yakni Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ngawi, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kabupaten Lamongan, Kota Blitar, Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Kediri, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Gresik, Kabupaten Blitar, dan  Kabupaten Pacitan

Sementara Kasubag Program Data KPU Situbondo, Sanayo menuturkan,
Jumlah TPS di Situbondo sebanyak 1.753 tersebar di 17 kecamatan 136 desa. Sedangkan Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 505.222 orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTB1) sebanyak 774 orang yang tersebar di 16 kecamatan 84 desa dengan jumlah TPS 28 tempat. "Di sini tidak ada TPS khusus," kata  Kasubag Program Data KPU Situbondo, Sanayom (hjr/jok)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait