Sabtu, 15 Juni 2024

Sebanyak 463 Atlet Ramaikan Kualifikasi PON 2024 Cabor Muaythai

Diunggah pada : 17 Agustus 2023 13:39:13 791
Wakil Ketua Pelaksana Babak Kualifikasi (BK) PON 2024 cabang olahraga Muaythai Baso Juherman

Jatim Newsroom- Wakil Ketua Pelaksana Babak Kualifikasi (BK) PON 2024 cabang olahraga Muaythai Baso Juherman menginformasikan bahwa ada perubahan jadwal terutama opening ceremony.

Event yang akan digelar Minggu 20 Agustus 2023 di Gelora Pancasila Surabaya ini, jam pembukaan dimajukan. Dari yang semula akan dilakukan pada pukul 20.00 WIB, dimajukan menjadi Pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk technical meeting akan dilakukan hari Minggu, 20 Agustus Pukul 10.00 WIB di Kantor Kadin Jatim.

Perubahan jadwal ini terjadi karena panitia pelaksana harus menyesuaikan dengan agenda Ketua PB Muaythai Indonesia (PB MI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. “Ketua PB tidak bisa buka malam harinya karena ada rapat di Jakarta. Jadi kami yang menyesuaikan dengan kegiatan beliau supaya gelaran ini bisa dibuka oleh Ketua PB MI. Kami juga sudah menginformasikan kepada semua undangan lewat surat terbaru,” ujar Baso, Kamis (17/8/2023).

Ia juga menginformasikan bahwa acara pembukaan nanti juga akan dihadiri 30 Ketua Pengprov Muaythai di seluruh Indonesia. Selain itu, juga ada defile setiap daerah yang akan meramaikan ajang Pra PON Muaythai ini. Sementara itu, sesuai data yang masuk di panpel BK PON 2024 ini, total ada 463 atlet yang akan ambil bagian dalam BK PON Muaythai yang akan berlangsung 20-27 Agustus 2023 ini. Juga ada ratusan ofisial dan sekitar 800 penonton yang mengonfirmasi kedatangannya setiap hari selama gelaran BK PON 2024  Muaythai di Jatim ini berlangsung. 

Agar gelaran ini berjalan lancar, panpel sendiri memastikan seluruh persiapan sudah maksimal. Mereka juga memastikan bahwa perbaikan dan pemenuhan fasilitas telah selesai dikerjakan. Hanya detail-detail kecil saja yang saat ini sedang dalam penyelesaian. “Hari ini (Kamis, 17 Agustus 2023) sudah mulai pasang ring di Gelora Pancasila. Semua kebutuhan untuk pertandingan saya pastikan akan selesai secepatnya. Alhamdulillah, semua berjalan lancar meski sejauh ini harus kami penuhi sendiri tanpa dukungan pihak ketiga (sponsor),” ujar Baso.

Babak kualifikasi PON Muay Thai kali ini akan mempertandingkan sebanyak 22 kelas dan nomor. Rinciannya, empat nomor seni dan 18 kelas fight. Hampir semua provinsi mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan, terutama tim-tim dari Jawa. Jatim Timur  sendiri sebagai tuan rumah memancang target juara umum di BK PON kali ini. Kendati begitu, Baso tak bersedia menyebutkan apa saja nomor atau kelas yang dibidik untuk menjadi juara umum.

“Saya optimistis karena anak-anak sudah melakukan persiapan yang cukup panjang untuk memenuhi target itu. Total lima bulan lebih, mulai sejak Maret 2023, para atlet muay thai Jatim digembleng dalam puslatda mandiri. Jadi, tanpa bermaksud jemawa, atlet-atlet kami sudah sangat siap tempur,” ujar Baso.

Baso menyatakan, kondisi atlet-atlet Jatim sangat bagus. Bahkan berat badan atlet Jatim berada di bawah kelas yang mereka ikuti. Ini menunjukkan mereka, atlet dan ofisial sudah bekerja keras. Secara mental, mereka juga sudah maksimal karena sudah sering tanding, baik di level regional maupun nasional,” kata Baso. 

Meski tak secara rinci menjelaskan berapa medali yang ingin didapatkan pada BK PON, Baso berharap semua atlet Jatim bisa lolos ke PON. “Targetnya kita lolos di semua kelas. Karena dengan lolos di semua kelas dan nomor, peluang kami untuk meraih prestasi maksimal di PON XXI/2024 Aceh-Sumut mendatang bisa semakin besar,” paparnya.(her/hjr) 

#olahraga #PON XXI 2024