Selasa, 7 Mei 2024

Ruth Bagikan Pengalaman Ikuti Exchange Hingga Internship di Hungaria

Diunggah pada : 8 November 2023 9:56:41 24
Ruth Diah Indrawati, mahasiswa Fakultas Vokasi (FV), Universitas Airlangga (Unair).

Jatim Newsroom - Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan salah satu program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar selama satu semester di kampus luar negeri. Menjadi peserta IISMA menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Demikian dengan Ruth Diah Indrawati, mahasiswa Fakultas Vokasi (FV), Universitas Airlangga (Unair).

Melalui IISMA, Ruth berkesempatan mengikuti study outbound di University of Pécs, Hungaria. Mahasiswa Vokasi Unair itu telah memulai perkuliahan sejak 4 September dan akan berlangsung hingga Desember mendatang.

Suasana kota yang damai dan pelajar yang sangat heterogen menciptakan kesan tersendiri bagi Ruth. Bahkan, tak jarang para penduduk lokal membantunya memberi rekomendasi barang yang harus dibeli saat ke supermarket.

Selain menyediakan program studi yang linear, Ruth memilih University of Pécs sebagai kampus tujuan karena menawarkan industrial exposure yang menarik bagi mahasiswa vokasi.

Dalam hal ini, University of Pécs menawarkan program internship di lima non-governmental organization (NGO) local dari Pécs, yaitu Power of Humanities Foundation, Pécs Community Foundation, The Round World Foundation, DRUKKER Community Letterpress, dan Experience Workshop (Élmény Társ).

Lebih dari itu, University of Pécs dikenal sebagai salah satu destinasi study abroad yang paling diminati. Kampus ini memiliki 5.000 mahasiswa internasional dari berbagai macam negara di Eropa dan Asia.

Dilansir dari wawancara, University of Pécs mayoritas menggunakan sesi pembelajaran open-ended discussion. Pembelajaran ini memungkinkan mahasiswa untuk mengutarakan perspektif mereka dalam kelas.

Selain kegiatan belajar mengajar selama satu semester, program exchange di kampus Hungaria itu memiliki beberapa rancangan agenda, yakni program magang di salah dari lima NGO yang telah ditentukan selama 75 jam kerja dalam satu semester. Dalam hal ini peserta juga diminta untuk mengambil tiga workshop tambahan dari fakultas sesuai topik peminatan.

Dapatkan Banyak Wawasan

Selama studi, Ruth mengaku mendapatkan banyak wawasan baru, baik dari mata kuliah yang diambil maupun profesor yang memberikan banyak sesi diskusi. Ruth merasa senang bisa memperoleh kesempatan internship di komunitas internasional dan bisa bekerja bersama orang dari belahan dunia lainnya.

“Dengan bekal pengalaman internship bersama orang dari berbagai latar belakang, tentu hal ini akan menjadi bekal penting bagi saya untuk meraih karir impian saya di dunia kerja,” ujar Ruth, dalam rilis Unair

Selain itu, Ruth mengungkapkan bahwa pembelajaran yang ia ikuti dan menjalin relasi dengan para profesor, teman-teman internasional, dan bahkan anggota PPI Hungaria dapat menjadi bekal untuknya melanjutkan studi di luar negeri.

Dengan mengikuti program ini, Ruth dapat melatih kemampuan manajemen waktu dan keuangan dengan lebih baik. Seusai program ini, Ruth berharap dapat memberikan dampak positif untuk dirinya ataupun orang sekitarnya. (mad/hjr)

#unair