Minggu, 28 April 2024

RSUD Ki Ageng Brondong Lamongan Siap Beroperasi

Diunggah pada : 22 Januari 2024 10:24:30 148
Bupati Lamongan mengecek progres Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ki Ageng Brondong, Lamongan

Jatim Newsroom - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ki Ageng Brondong, Lamongan, yang dicanangkan menjadi fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah pantura ditargetkan akan segera beroperasi di tahun 2024. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan (22/1/2024), Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengungkapkan, pembangunan fisik RSUD tersebut saat ini telah mencapai 99% di tahap pertama. Nantinya akan dilanjutkan ke tahap kedua di tahun 2024 yang difokuskan pada alat kesehatan. 

“Di pembangunan tahun 2023 atau tahap pertama sudah 99% dan akan kita lanjutkan lagi di tahun 2024 dengan anggaran yang kita fokuskan pada peralatan medis, tenaga kesehatan dan penambahan sarana prasarana. Di lantai tiga sendiri ini juga belum selesai, untuk itu kita siapkan benar-benar, agar di tahun 2024 RS ini bisa beroperasi,” ungkap Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan.

Dalam penyiapan beroperasinya, RSUD Ki Ageng Brondong yang berada di atas lahan 8.000 m2 akan dilengkapi 50 kamar. Namun Pak Yes menyebut, dalam soft opening mendatang penyediaan kamar dilakukan secara bertahap dimulai dari 30 kamar. 

“Sekarang kita sedang proses membuka beberapa karyawan yang sudah ada, yang berminat pindah ke RSUD Brondong sedang kita inventarisir. Insyallah tahun ini kita soft opening, setelah alat kesehatan, tempat tidur, listrik semuanya kita siapkan. Kita berdoa insyallah bisa segera terealisasi dan masyarakat bisa memanfatkan,” kata Pak Yes.

Lebih lanjut, Pak Yes mengatakan, kehadiran RSUD tipe D ini akan mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. “Memenuhi permintaan di pantura, karena biasanya masyarakat di sini kalau berobat ke Tuban. Jadi kita buat keseimbangan kalau di selatan kita ada RSUD Ngimbang, Tengah RSUD Soegiri, Barat RSUD Karang Kembang, dan di Utara kita bangun RSUD yang kita namakan RSUD Ki Ageng Brondong,” imbuh Pak Yes.

Pemilihan nama Ki Ageng Brondong untuk dijadikan nama RSUD didasarkan pada kesepakatan bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Ki Ageng Brondong dinilai memiliki nilai-nilai sejarah yang tinggi dalam penyebaran agama islam. (idc/s)

#Kabupaten Lamongan #kesehatan #RSUD #rumah sakit