Selasa, 17 September 2024

Ribuan Warga Kota Blitar Meriahkan HUT RI ke-79 dengan Lomba Tradisional

Diunggah pada : 13 Agustus 2024 13:36:46 57

Jatim Newsroom - Kota Blitar kembali menyemarakan HUT ke-79 RI dengan serangkaian lomba tradisional yang digelar di Sport Center Kota Blitar. Acara yang dihadiri Wali Kota Blitar, beserta jajaran Forkopimda dan seluruh OPD ini berlangsung meriah dengan antusiasme tinggi dari masyarakat. 

 

Mengutip laman Pemerintah Kota Blitar, Selasa (13/8/2024), Wali Kota Blitar Santoso dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas semangat kebersamaan masyarakat Kota Blitar dalam menyambut HUT ke-79 RI. Diawali dengan senam massal yang dipandu instruktur ternama - Rudi Poco Poco dari Surabaya. Lalu dilanjutkan dengan serangkaian lomba tradisional.  "Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang rekreasi, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai luhur bangsa dan pelestarian budaya tradisional," kata Wali Kota Santoso.

 

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Blitar, Toto Robandyo selaku ketua pelaksana HUT RI ke-79 di Kota Blitar menambahkan dalam agenda itu. Pihaknya juga membagikan 450 bendera merah putih untuk peserta. Tujuannya untuk membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat di momen Hari Kemerdekaan. Selanjutnya diisi dengan berbagai lomba tradisional yang menarik seperti terompah panjang dengan hadangan, tangkap itik, balap karung, dan egrang. "Pembagian bendera merah putih secara simbolis kepada seluruh peserta merupakan wujud nyata dari semangat nasionalisme dan cinta tanah air," tambah Toto.

 

Toto menambahkan lomba tradisional  ini tidak hanya hiburan semata, tetapi juga memiliki makna yang lebih dalam. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar warga, menumbuhkan semangat gotong royong, serta melestarikan budaya tradisional yang semakin terkikis zaman. (van/hjr)

 

#Kota Blitar