Kamis, 2 Mei 2024

Redaksi Jatim Newsroom Belajar "Seni Melihat"

Diunggah pada : 18 Juli 2023 18:50:54 70
Redaksi Jatim Newsroom Diskominfo Jatim belajar Fotografi Jurnalistik, di kantor Diskominfo Jatim, Surabaya, Selasa (18/7/2023).

Jatim Newsroom - Redaksi Jatim Newsroom (JNR) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur terus mengasah keilmuan, termasuk fotografi jurnalistik. Sore ini, Selasa (18/7/2023), di kantor Diskominfo Jatim, fotografer senior Antara, Zabur Kururu, membagikan materi bertajuk "Seni Melihat".

"Hari ini kita akan mempelajari Seni Melihat. Jadi yang kita ingin diskusikan adalah bagaimana caranya agar foto yang kita hasilkan bisa bercerita. Supaya orang bisa melihat foto kita itu wah bagus juga ya," ujar Zabur di hadapan fotografer, reporter, dan desainer JNR.

Zabur menekankan, sebuah foto adalah bentuk komunikasi, dan inti komunikasi adalah kesan. "Jadi kita pikirkan bagaimana foto kita bisa memberi kesan. Kalau ada kesannya, foto itu bisa membekas di memori kita sampai bertahun-tahun," tegasnya.

Foto yang berkesan, lanjut Zabur, menjadi tantangan tersendiri bagi fotografer khususnya di kegiatan seremonial pemerintahan. "Kita harus bisa membedakan foto dokumentasi dan foto jurnalistik. Jadi bukan lagi foto pukul gong, gunting pita, pecah kendi. Itu tidak menjual, tidak humanis, sangat kaku," terangnya.

Ia pun memberikan contoh beberapa foto kegiatan seremoni yang tetap bisa dikemas dengan lebih humanis. "Harus ada komunikasi di dalamnya. Misal ada gerakan tangan saat memindah kendi atau sertifikat penghargaan, dan memotret manusia itu intinya ada di mata. Ada interaksi. Arah pandang itu mempengaruhi di mana orang ini harus ditempatkan," papar Zabur.

Lebih lanjut Zabur menggarisbawahi pentingnya komunikasi dan koordinasi antara fotografer, desainer grafis, dan tim medsos jika sebuah foto akan dipublikasikan dalam bentuk flyer. Selain itu, Ia menuturkan, fotografer juga berkewajiban mencari data untuk dinarasikan dalam caption atau keterangan foto.

"Fotografer jurnalistik bukan hanya mengabadikan momennya, tapi juga meliput dan mencari data untuk ditulis dalam caption sehingga melengkapi cerita dalam sebuah foto," ungkapnya.

Para peserta juga diberi kesempatan bertanya dalam sesi tanya jawab dan mempraktikkan langsung teori yang dipaparkan dengan objek berupa air mineral. (idc/s)

 

#Diskominfo Jatim #fotografi