Jumat, 17 Mei 2024

Rata-rata Pengeluaran Kelompok Makanan sebesar Rp557 Ribu di Tahun 2021

Diunggah pada : 12 September 2022 11:21:15 227
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) melaporkan bahwa di tahun 2021 rata-rata pengeluaran kelompok makanan sebesar Rp557 ribu. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar Rp521 ribu. 

“Jika melihat proporsi pengeluaran kelompok makanan terhadap total pengeluaran juga terjadi kenaikan dari 49 persen menjadi 50 persen,” ujar Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan dalam laporan Pengeluaran untuk Konsumsi Rumah Tangga Provinsi Jawa Timur 2021 sebagaimana dilansir dari laman resmi BPS Jatim pada tanggal 12 September 2022. 

Dadang menjelaskan, secara total sumbangan terbesar pada kelompok makanan masih didominasi oleh Bahan Makanan dengan persentase sebesar 28,08 persen. Kemudian diikuti oleh Makanan dan Minuman Jadi sebesar 16,06 persen, dan yang terakhir adalah Rokok dengan persentase sebesar 5,98 persen. 

“Tahun ini pengeluaran makanan yang mengalami penurunan hanya pada Makanan dan Minuman Jadi yang turun sebanyak 1 poin. Diperkirakan selama pandemi masyarakat lebih memilih memasak makanan sendiri daripada membeli makanan dan minuman jadi yang mungkin memiliki risiko penularan corona,” kata Dadang. 

Dalam laporan ini, Kepala BPS Jatim pun menerangkan bahwa pola pengeluaran kelompok makanan selama beberapa periode lebih rendah dibandingkan non makanan. Tetapi selama pandemi menerpa Jawa Timur, terjadi perubahan pola pengeluaran yang mengakibatkan pengeluaran makanan lebih besar dari non makanan. 

Sesuai dengan Hukum Engel, pengeluaran konsumsi penduduk dipengaruhi oleh pendapatan, semakin tinggi pendapatan seseorang maka proporsi pendapatan yang digunakan untuk membeli makanan juga menjadi berkurang. 

“Teori ini membuktikan bahwa selama pandemi perekonomian masyarakat terguncang dan berdampak terhadap pendapatan yang memang jauh berkurang secara drastis dan berpengaruh terhadap belanja barang masyarakat. Masyarakat lebih mementingkan membeli bahan makanan dari pada membeli barang-barang di luar makanan,” pungkas Dadang. (idc/n)

#BPS Jatim #Konsumsi Rumah Tangga #Kelompok Makanan