Jumat, 17 Mei 2024

Puspenerbal Gelar Penyegaran Kemampuan Surveillance and Safety Procedure UAV Penerbangan TNl AL 2024

Diunggah pada : 5 Februari 2024 11:11:39 6

Jatim Newsroom- Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar Penyegaran Kemampuan Surveillance and Safety Procedure UAV Penerbangan TNl AL 2024 yang dibuka Wakil Komandan Puspenerbal Laksma TNl Bayu Alisyahbana mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar pada Senin (5/2/2024).

Penyegaran Kemampuan Surveillance and Safety Procedure UAV Penerbangan TNl AL 2024 yang digelar di Wisma Perwira Brahmastra Lanudal Juanda ini, diikuti 120 peserta off line dan 170 peserta online dari Wing Udara 1 Tanjungpinang, Wing Udara 3 Biak dan insan penerbangan wilayah Surabaya).

Penyegaran yang akan berlangsung selama tiga hari ini, akan menghadirkan Instruktur kompeten dibidangnya diantaranya Dhony Vasmin Aksono dari Kemenhub (Flight Operation Inspector), Andi Prakoso, Rapanarya N. Hamisena dan Eko Arif Purwanto dari APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) Jatim.

Tampak hadiri dalam kegiatan tersebut Inspektur Puspenerbal, para Direktur Puspenerbal, para Danwing Udara, para Danlanudal, Dankolat Penerbal, Kafasharkan Pesud, Paban lV Sopsal dan para Komandan Skuadron jajaran Wing Udara 2 Juanda, para Instruktur dari Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Pilot Drone Indonesia.

Danpuspenerbal dalam amanatnya yang dibacakan Wadan mengatakan bahwa Penerbangan TNl AL dalam melaksanakan fungsi intai maritim selain menggunakan pesawat konvensional yang diawaki oleh air crew, juga melaksanakan operasi Intai maritim menggunakan pesawat nir-awak yang dikenal dengan Unmaned Aerial Vehical (UAV).

Menurut Danpuspenerbal, pengoperasian UAV ini tanpa melibatkan personel pengawak secara langsung, keakuratan taktik maneuver dikendalikan dengan jarak jauh oleh operator (remote), tingkat akurasi perkenaan pada sasaran lebih efektif dan efisien, dan dapat dimobilisasi di atas kapal perang (on board) maupun daratan (land).

Untuk itu, guna mempertahankan profesionalisme yang telah dimiliki, maka perlu merefresh dan meningkatkan kemampuan personel Penerbangan TNl AL dalam empat bidang UAV/drone yang dilaksanakan secara bertingkat dan berkelanjutan.

Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah melalui penyegaran kemampuan surveillance and safety procedure UAV Penerbangan TNl AL bagi personel di jajaran Puspenerbal. "Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran, partisipasi, dan semangat para peserta yang hadir langsung di sini maupun secara online dalam mengikuti acara penyegaran Kemampuan surveillance and safety procedure UAV ini," terangnya.

Penyegaran kemampuan UAV Penerbangan TNl AL ini lanjutnya sangatlah penting, mengingat UAV merupakan teknologi multivariat dan mutakhir yang digunakan oleh militer hampir di seluruh dunia untuk fungsi pengamatan dan penyerangan.

Dijajaran Puspenerbal, Skuadron Udara 700 Wing Udara Puspenerbal sebagai pengawak unsur-unsur UAV dan drone sebagai unsur intai udara maritim serta pengamatan laut.

Sehingga penyegaran ini ditujukan untuk memberikan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan meningkatkan kemampuan serta sosialisasi aeromodeling kepada seluruh pengawak UAV khususnya dan seluruh prajurit Wing Udara Puspenerbal pada umumnya agar dapat melaksanakan tugas dengan lebih baik, efisien dan aman.

Dibagian akhir Danpuspenerbal berpesan kepada para peserta untuk memahami teori, pengetahuan,  dan keterampilan yang didapat, sehingga optimalisasi sasaran, tujuan serta peningkatan efisiensi dan efektifitas pelatihan dapat tercapai. (hjr)

#puspenerbal