Jumat, 17 Mei 2024

Prajurit Mako Puspenerbal Asah Kemampuan Menembak

Diunggah pada : 21 Februari 2024 17:40:23 25

Jatim Newsroom - Latihan menembak merupakan salah satu program pengembangan SDM yang dilakukan TNl secara bertingkat, bertahap dan berlanjut, untuk itu prajurit Pusat Penerbangan TNl AL (Puspenerbal) terus berlatih mengasah kemampuan menembak dan kenali karakter dari senjata yang digunakan.

“Menembak itu tidak hanya sekadar skill, tetapi juga harus mengetahui dan memahami karakter senjata, aminusi, jarak tempak efektif sampai soal sistem pengamanan senpi itu sendiri. Dengarkan setiap instruksi yang disampaikan, karena latihan ini menggunakan peluru tajam,” ujar Inspektur Puspenerbal Kolonel Laut (P) Bambang Yunianto saat membuka latihan rutin prajurit Mako Puspenerbal di Lapangan Tembak Sugeng Hardjo Taruno Lanudal Juanda, Rabu (21/2/2024).

lrpuspenerbal mengajak personel Mako Puspenerbal untuk manfaatkan latihan ini sebagai bentuk pembinaan guna mengasah kemampuan menembak, meningkatkan profesionalisme serta menekankan pentingnya mengutamakan keamanan dan keselamatan selama latihan berlangsung.

"Kata kuncinya, asah kemampuan, pahami dan pedomani aturan. Ikuti latihan ini dengan serius. Patuhi instruksi dari tim pelatih sehingga hasil yang diperoleh dari latihan ini bisa lebih optimal,” Imbuhnya.

Untuk latihan berjalan aman dan lancar sebelum pelaksanan latihan, peserta latihan menembak mendapat penjelasan dari para instruktur mengenai prosedur dan teknik cara menembak sebagai salah satu langkah safety agar tidak terjadi accident yang tidak diinginkan.

Latihan kali ini dibagi menjadi dua bagian untuk perwira menggunakan laras pendek yakni Pistol Call 9mm Tanfoglio, Sig Sawer dan G2 Combat dengan jarak 20 meter sikap berdiri dengan dua tangan.

Sedangkan untuk Bintara dan Tamtama menggunakan senapan laras panjang SS2 V1 dengan jarak tembak 100 meter dengan 3 sikap yakni tiarap, jongkok dan berdiri.

Tampak hadir dalam latihan tersebut Ir Puspenerbal, Dirops Puspenerbal Kolonel Laut (P) Catur Sigit, Dirlog Puspenerbal Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari, Dandenma Puspenerbal, para Pamen Puspenerbal, para Pama Puspenerbal dan prajurit dan PNS Puspenerbal lainnya. (hjr)

#puspenerbal