Jumat, 17 Mei 2024

PMI Dari Hongkong Tiba, 191 Orang Jalani Karantina di Asrama Haji

Diunggah pada : 14 Mei 2021 18:29:24 9

Jatim Newsroom - Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri kembali tiba di Bandara Internasional Juanda, Jumat (14/5/2021). Usai kedatangan dari Singapura dan Malaysia, pesawatan ketiga yang tiba yakni Cathay Pacific CX2779 dari Hongkong. Total yang datang sebanyak 201 orang dengan rincian 194 orang WNI dan tujuh orang WNA. 
 
Dari total 201 orang, sebanyak 191 di antaranya menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sisanya menjalani karantina mandiri di hotel dengan biaya pribadi namun dengan pengawasan dari tim Pemprov Jatim. 
 
Para PMI asal Hongkong itu diketahui tiba di Asrama Haji sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka dijemput dari Bandara Juanda menggunakan bus milik Pemprov Jatim. Setibanya di Asrama Haji, satu per satu menjalani prosedur protokol kesehatan. 
 
Diawali cuci tangan menggunakan sabun dengan aor yang sudah disiapkan dan disemprot disinfektan. Lalu para PMI berkumpul di kursi tunggu sembari makan nasi kotak yang disiapkan oleh tim Tagana dari Dinsos Jatim. 
 
Lalu satu per satu menjalani tes usap atau swab antigen yang dilakukan tim Dinkes Jatim. Selanjutnya 191 PMI asal Hongkong menjalani karantina selama dua hari sebelum kembali menjalani tiga hari karantina di daerah asal masing-masing. 
 
Sementara yang menjalani karantina di hotel tercatat 10 orang. Satu orang di Hotel JW Marriot, tiga orang di Shangrilla Hotel, satu orang di Harris Satelit, satu orang di Ibis Juanda, dua orang di Maxone dan dua prang di 88 EK. 
 
Sebelumnya, sebanyak 134 PMI yang datang dari Singapura dan Malaysia telah datang lebih dulu di hari yang sama. Kedatangan PMI pertama dari Singapura menggunakan pesawat Scoot Tiger Air (TR262) dengan mebawa 26 penumpang. Sebanyak 18 orang penumpang WNI dan delapan lainnya WNA. Dari 26 orang asal Singapura itu 13 menjalani karantina di Asrama Haji. 
 
Sedangkan 13 lainnya karantina mandiri di hotel dengam biasa sendiri namun dalam pengawasan Pemprov Jatim. Untuk data karantina  hotel, dua orang di Ibis Juanda, satu orang di Ibis Jemursari, satu orang di Luminor, empat orang di Shangrila, dua orang di Kokoon, dan tiga orang di Premier Place. 
 
Kedatangan penerbangan kedua yakni menggunakan pesawat Air Asia (QZ321) dari Kuala Lumpur Malaysia. Total tercatat 122 orang dengan rincian 121 orang WNI dan satu  WNA. Untuk WNI asal Malaysia seluruhnya menjalani karantina di Asrama Haji. Sedangkan satu WNA karantina mandiri di Hotel Holiday Inn Surabaya. 
 
Sehingga hari Jumat ini, total PMI yang tercatat masuk menjalani proses karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya yakni sebanyak 325 orang. (afr/her/n)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait