Jumat, 3 Mei 2024

PLN Bangun SKTT 150 kV Kedinding-Tx Bangkalan

Diunggah pada : 27 Mei 2022 18:31:05 308
Pembangunan SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4.

Jatim Newsroom-Demi menambah pasokan, menjaga keandalan, mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan mengantisipasi pertumbuhan kelistrikan di wilayah Madura yang kembali menggeliat pasca pandemi, PLN membangun SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4.

Pembangunan infrastruktur kelistrikan ini sangat diperlukan, dimana sekarang ini wilayah Madura disokong 2 sirkit yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran- SKTT 150 kV Suramadu 1 & 2- SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur yang pemakaiannya  hampir overload dan mencapai beban puncak hampir 90 persen.  

Executive Vice President MKJ, Ratnasari Sjamsuddin Jumat (27/5/2022) mengatakan, dibangunnya sirkit 3 dan 4 ini,  menjadi upaya mitigasi untuk menjaga keberlangsungan pasokan dan meningkatkan keandalan kelistrikan, dimana jika terjadi gangguan di salah satu sirkit, maka sirkit lainnya dapat menopang tanpa mengalami pemadaman. "Infrastruktur yang dalam proses pembangunan ini nantinya akan memiliki panjang lintasan 39,247 kms yang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2023," ungkapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, proses pembangunan  SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 tetap dilakukan PLN, agar dapat beroperasi sesuai target waktu yang ditetapkan. Ratnasari juga mengapresiasi dukungan Kementrian PUPR serta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) dalam proses penerbitan perijinan serta kepada seluruh insan PLN yang bekerja keras dalam mewujudkan infrastruktur ini. 

Sementara, General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah, menambahkan pembangunan SKTT ini dalam tahapan Boring Horizontal Directional Drilling, yang pengerjaannya terus dikawal. "Kami optimis SKTT ini akan beroperasi sesuai target waktu dan dengan penambahan suplai listrik akan segera memperkuat kelistrikan di Madura dan sekitarnya,”ucapnya. (hjr)

 

#PLN #bangkalan