Jumat, 20 September 2024

Pj Bupati Jombang Hadiri Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah Jaga Netralitas ASN

Diunggah pada : 18 September 2024 8:25:11 55

Jatim Newsroom - Pj Bupati Jombang Teguh Narutomo  menghadiri acara Koordinasi Nasional Kesiapan Kepala Daerah, Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang diselenggarakan di Econvention Ancol, Jakarta Utara.

 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Jombang, Rabu (18/9/2024), acara yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI ini diikuti oleh Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah tingkat Provinsi dan Sekretaris Daerah tingkat Kabupaten/Kota serta anggota Bawaslu se Indonesia, sebagai salah satu langkah strategis dalam mengantisipasi potensi pelanggaran netralitas ASN di masa pemilu.

 

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menekankan pentingnya netralitas ASN dalam Pemilu. "Rapat koordinasi ini penting untuk memastikan bahwa ASN tetap netral dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menghadapi tahapan-tahapan krusial Pemilu dan Pilkada 2024," ungkapnya.

 

Koordinasi Nasional ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Bawaslu, KPU, dan para Kepala Daerah dalam menjaga netralitas ASN serta memastikan Pemilu dan Pilkada 2024 berjalan lancar tanpa ada pelanggaran serius. Semua yang hadir dapat mengambil peran aktif dalam menjaga keberlangsungan Pemilu yang jujur dan adil.

 

"Terima kasih atas kerja samanya selama ini dan kami harapkan kita bisa bersama-sama menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara agar ASN tetap melakukan fungsi pelayanan publik, tidak terganggu oleh tahapan pendaftaran, kampanye, dan pemungutan dan penghitungan suara," tegasnya.

 

"Semoga pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan pada 27 November dapat berjalan baik berkat dukungan seluruh Kepala Daerah yang saya kira mempunyai keinginan yang sama untuk menjaga seluruh penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah berlangsung dengan baik, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," harapnya.

 

Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2024, penetapan pasangan calon dilaksanakan pada 22 September 2024. Selanjutnya pada 25 September hingga 23 November 2024, para pasangan calon diagendakan berkampanye.

 

Kemudian tanggal 27 November 2024 menjadi hari pemungutan suara Pilkada 2024, serta dilanjutkan dengan penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara hingga 16 Desember 2024.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi Diskusi panel yang menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Dr. (C) Puadi, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu; Dr. Suhajar Diantoro, Tenaga Ahli Menteri Dalam Negeri; Aba Subagja, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB; Drs. Haryomo Dwi Putranto, Plt. Kepala BKN; dan Kombespol Boy Rando Simanjuntak, Wakil Direktur Tindak Pidana Umum. (Van/hjr)

 

#Kabupaten Jombang #Pilkada