Selasa, 7 Mei 2024

Pilkada Surabaya, Dua Kandidat Paslon Dunakan Hak Suara

Diunggah pada : 9 Desember 2015 16:22:22 25

Jatim Newsroom - Dua kandidat Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 Cawali Rasiyo dan Cawawali Lucy Kurniasari  dan nomor urut 2 Cawali Tri Rismaharini dan Cawawali Wisnu Sakti Buana telah memberikan hak suara pagi tadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Masing-masing.

Untuk nomor satu Rasiyo menggunakan hak pilihnya di TPS 23, Kelurahan Semolowaru, Kecamatan Sukolilo sekitar pukul 09.00 didampingi Cawawali Lucy Kurniasari. Sedangkan Calon Walikota Surabaya Tri Rismaharini menuju di TPS 01 Kelurahan Jajaran Tunggal, Taman Pondok Indah, Surabaya serta Wisnu memanfaatkan hak suaranya dengana mencoblos di TPS 8, Clubhouse, Virginia, Regency, Pakuwon City, Surabaya pada pukul 10.00 tadi.

Untuk Lokasi TPS berada sekitar 200 meter dari rumah Paklik Rasiyo, di Jalan Semolowaru Selatan III nomor 15.Saat mencoblos, Cawali yang diusung oleh Partai Demokrat dan PAN ini didampingi istri Purniasih Rasiyo dan ketiga anaknya. Di ujung gang, Paklik Rasiyo disambut Cawawali yang menjadi pasangannya. Ning Lucy datang bersama sang suami Agus Ferry Yusuf.

Setelah itu, Paklik Rasiyo dan Ning Lucy berangkat menuju TPS 23 untuk menggunakan hak pilihnya. Tiba di lokasi TPS yang berada di Jalan Semolowaru Selatan VI, Rasiyo yang disambut petugas KPPS lantas menukar surat suara dan masuk ke bilik suara untuk mencoblos, diikuti istri dan menyusul ke tiga anaknya. "Alhamdulillah, saya sudah mencoblos. Teman-teman wartawan tentu tahu nomor berapa yang dicoblos," ujar Paklik Rasiyo.

Sementara itu, Lucy Kurniasari, calon Wakil Wali Kota dari Demokrat dan PAN, pagi ini tidak turut ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyalurkan hak suaranya dalam Pilwali Kota Surabaya 2015. Sebabnya, Ning Lucy ini telah berpindah domisili ke Jakarta sejak cukup lama bersama keluarganya.Lucy Kurniasari, yang tinggal di Jalan Lusi, Kelurahan Keputran, Kecamatan Tegalsari ini punya cara agar tetap berpartisipasi dalam Pilwali Kota Surabaya 2015. "Saya akan mendampingi Pak Rasiyo, saat mencoblos di Semolowaru," ujarnya.

Lucy mengatakan setelah pencoblosan di TPS tempat Rasiyo terdaftar sebagai pemilih, dirinya akan melakukan beberapa kegiatan. "Setelah dari TPS pak Rasiyo, kami akan memantau ke TPS-TPS," katanya.

 

Risma Coblos di TPS 01

Calon Walikota Surabaya Tri Rismaharini jalan kaki menuju tempat pemungutan suara (TPS). Risma nyoblos di TPS 01 Kelurahan Jajaran Tunggal, Taman Pondok Indah, Surabaya. TPS tersebut berada sekitar 100 Meter dari kediaman Risma. Dengan didampingi suami dan anak-anaknya, mantan Walikota Surabaya ini mendatangi TPS tersebut sekitar pukul 07.00 Wib.

Selama perjalanan ke TPS, Risma menyapa sejumlah warga di sepanjang jalan. Tak hanya itu, calon walikota yang diusung oleh PDIP ini, juga mengajak warga sekitar untuk datang ke TPS. Datang ke TPS, Risma mengenakan baju batik yang dipadu dengan jilbab berwarna orange.

Setelah mencoblos, Risma langsung mencelupkan jari kelingkingnya ke tinta. Risma mengatakan, setelah memberikan suaranya itu, ia tidak akan berkeliling-keliling ke sejumlah TPS. "Aku ndak keliling. Itu khan di kelurahan ada posko-posko. Aku nggak ke TPS," katanya.

Sebagai calon yang diusung oleh PDIP, Risma optimis menang. Namun demikian, selebihnya diserahkan kepad Tuhan yang Maha Esa. Risma juga mengaku tidak percaya dengan informasi yang diluncurkan oleh sejumlah lembaga survei. Padahal, beberapa lembaga survei mengunggulkan paasangan Risma-Wisnu di pemilukada Surabaya."Saya ndak percaya Survei. Survei itu khan dilakukan oleh manusia. Saya terus terang tidak itu. Biarlah Tuhan yang menentukan," ujarnya.

Menurut Risma, momentum ini sebaiknya digunakan sebaik-baiknya untuk warga Surabaya. Karena satu hari ini akan berpengaruh selama 5 tahun ke depan. Kota Surabaya, akan memilih pemimpin baru. Sehingga nasib 3 Juta warga Kota Surabaya sangat bergantung pada pemilihan saat ini."Ini hanya satu hari tapi akan berpengaruh untuk 5 tahun yang akan datang. Ada 3 Juta warga Surabaya yang dititipkan," pungkasnya.

Sementara calon wakil Risma, Wisnu Sakti Buana yang memanfaatkan hak suaranya dengana mencoblos di TPS 8, Clubhouse, Virginia, Regency, Pakuwon City, Surabaya pada pukul 10.00 tadi.Wisnu mencoblos sendirian. Kehadiran Wisnu juga sempat menjadi perhartian. Bahkan seluruh anggota KPPS mengajak selfie bersama.

Risma merupakan calon walikota Surabaya yang diusung oleh PDIP bersama calon wakil walikota Wisnu Sakti Buana. Sementara Rasiyo-Lucy yang diusung oleh Partai Demokrat dan PAN. (ris)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait