Senin, 6 Mei 2024

Pilkada Sidoarjo Lancar, Hadiah Kambing Untuk TPS Tekan Golput

Diunggah pada : 9 Desember 2015 16:41:38 11

Jatim Newsroom- Pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Sidoarjo berlangsung lancar dan aman. Hal itu didukung dengan tingginya animo masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS). Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan memberikan hadiah berupa kambing pada TPS yang bisa menekan angka Golput.

Seperti halnya terpantau di TPS 8 di wilayah Kelurahan Singopadu, Kecamatan Taman, Rabu (09/12)  terlihat proses pelaksanaan pencoblosan Pilkada 2015 sangat melegakan. Sebab sejak pagi masyarakat sudah mendatangi TPS dan antri untuk menggunakan hak pilih. Hal itu menandakan tingginya kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi.

Yanto salah satu petugas TPS mengatakan saat antri masyarakat juga bersedia menunggu dengan sabar gilirannya untuk mencoblos. Mereka sengaja datang untuk memastikan hak pilihnya bisa dipakai. “Masyarakat ini ternyata dari hasil pengamatan tidak sekedar menggunakan hak pilih, namun juga ingin membantu pemerintah dalam kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2015 dan menghasilkan pemimpin berkualitas,” ujarnya.

Ramainya suasana TPS juga karena faktor hari libur nasional. Seluruh masyarakat bisa memiliki waktu longgar untuk menggunakan hak pilih. “Saya dan masyarakat lain datang ke TPS tidak sendiri tapi secara bergerombol bersama keluarganya, dan sangat antusias menyoblos,” lanjutnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan memberikan hadiah berupa kambing pada TPS yang bisa menekan angka Golput pada Pilkada Sidoarjo 2015.

Staf Ahli Bupati Bidang Politik Pemkab Sidoarjo Fauzi Isfandiari mengatakan, untuk kegiatan tersebut Pemkab Sidoarjo akan menyediakan sebanyak 20 ekor kambing. “Kita siapkan 20 ekor kambing untuk menekan angka golput yang kerap terjadi di TPS, maka dari itu Pemkab Sidoarjo mengadakan lomba berhadiah kambing ini,” jelasnya.

Masih menurut Fauzi, pemberian hadiah ini merupakan apresiasi Pemkab kepada kerja keras para penyelenggara Pilkada Sidoarjo 2015. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi pada Pilkada 2015 ini.(mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait