Jumat, 17 Mei 2024

Perwira Penerbangan TNl AL Raih Gelar “Double Degree di PSL Université Paris

Diunggah pada : 26 Maret 2024 22:58:49 37

Jatim Newsroom- Salah satu perwira Penerbangan TNl Angkatan Laut kembali mengukir prestasi gemilang di dunia pendidikan, Mayor Laut (P) Akhmad Sen Sagupta yang berdinas di Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) berhasil menyelesaikan tugas belajarnya dengan meraih gelar “Double Degree” di PSL Université Paris, Perancis.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksda TNl Sisyani Jaffar usai menerima laporan akhir pendidikan dari Mayor Laut (P) Akhmad Sen Sagupta di ruang kerjanya, Gedung R. Kasenda, Mako Puspenerbal Juanda pada Selasa (26/3/2024).

"Selamat atas wisuda dan raihan hasil yang baik selama pendidikan di Perancis, kita turut bangga, Mayor Sen dapat meraih gelar “Double Degree” di Kampus Peraih Nobel Wanita Pertama Perancis, Marie Skłodowska-Curie yang dijuluki Sang Penemu Polonium dan Radium," terang Danpuspenerbal.

Sen -sapaan akrab perwira menengah melati satu di pundak lulusan AAL Angkatan ke-51 ini, melaksanakan Wisuda Master 2 Parcours Géopolitique et stratégique EPHE-PSL université Paris dan Expert Management Commandement et Stratégie (Niveau 8 : Doctoral) di Amphithéâtre INHA (l'Institut National D'histoire De L'art) Paris, Perancis pada Rabu (21/3) lalu.

Perwira yang sehari hari menjabat sebagai Kasubdit Sisinfoaero Ditlambangja, Puspenerbal ini, juga dinobatkan sebagai salah satu siswa dari kawasan Indo Pasifik yang menerima gelar double degré di universitas yang memiliki rangking ke-24 Universitas dunia QS 2024 versi QS World University Ranking 2024.

Dari 100 siswa yang mengikuti wisuda, siswa mancanegara École de Guerre Promotion 30 berjumlah 88 orang perwira. Mereka berhasil melewati test Parcours Géopolitique et stratégique bersama siswa mancanegara lainnya yaitu negara Indonesia, Amerika Serikat, Swis dan Italia PSL Université Paris dan berhak mengikuti Acara Pengukuhan.

Dalam pendidikan tersebut, Mayor Sen yang ditunjuk untuk mengikuti program Master 2 Parcours Géopolitique et stratégique PSL Université ini, berhasil memperoleh nilai “Bien - 16/20”, sedangkan Expert Management Commandement et Stratégie adalah “XX - Exceptionnellement 20/20”.

Komandan Puspenerbal menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi atas keberhasilan salah satu perwira di jajaran Penerbangan TNl AL, dapat menyelesaikan pendidikan masternya di universitas yang memiliki rangking top dunia dengan hasil yang sangat memuaskan.

Selain itu, pencapaian tersebut sesuai dengan salah satu visi Komandan Puspenerbal dalam membangun SDM Puspenerbal yang profesional, berkarakter dan berwawasan nasional hingga Internasional dengan motto "lKLAS", yakni Inovative, Kolaboratif, Loyalitas, Amanah dan Sinergitas.

Danpuspenerbal berharap, apa yang sudah diperoleh hari ini, tidak membuat Mayor Sen (Call Sign N-278) berpuas diri, namun justru menjadi pemicu untuk lebih berbenah dan terus meningkatkan kemampuan diri untuk kebaikan organisasi TNl AL, khususnya Penerbangan TNl AL dalam menghadapi tantangan geopolitik saat ini di bidang pertahanan dan ketahanan maritim level nasional hingga global. (hjr)

#puspenerbal