Jumat, 26 April 2024

Peringati Harkitnas 2023, Gubernur Khofifah Sampaikan Makna Boedi Oetomo yang Juga Laku Adab

Diunggah pada : 22 Mei 2023 14:11:49 67
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim, menyempatkan diri bersama tim paduan suara, usai upacara Harkitnas di Gedung Grahadi, Senin(22/5/2023).

Jatim Newsroom- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda Jatim menggelar peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)2023, di halaman Gedung Negara Grahadi, Senin (22/5/2023).

Dalam amanatnya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa kita terus mengemban semangat juang yang tegak berdiri diatas cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.

“Hari ini kita memperingati hari bersejarah yang sangat penting dalam rangkaian perjuangan kita dalam membentuk bangsa, yaitu hari Kebangkitan Nasional, yang jatuh pada tanggal 20 Mei 1908,”  kata Gubernur Jatim.

“Tepat bersamaan dengan tanggal tersebut lahirlah organisasi modern bernama Boedi Oetomo yang lahir dari inisiatif Dr. Wahidin Sudirohusodo dan didirikan oleh Dr. Soetomo, yang saat itu menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Stovia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan,  bahwa Boedi Oetomo yang bermakna laku adab yang mulia/utama berangkat dari niat luhur para kaum terdidik dari putera-puteri bangsa Indonesia untuk mengabdikan diri dan hidupnya dalam membangunkan rakyat yang saat itu kehilangan harapan, kehilangan jati diri dan kehilangan arah masa depan untuk bangkit, bangun dan memperjuangkan kehidupan mereka berdasarkan laku adab yang mulia.

“Gerakan ini mengingatkan bahwa tradisi yang luhur dan tinggi yang dimiliki oleh negeri ini dimasa lampau merupakan kebudayaan dan bekal bagi kebangkitan yang tak ternilai harganya untuk menatap arah jalan perjuangan kedepan, dalam membentuk dan membangun bangsa,” jelasnya.(mad/hjr)

#Khofifah Indar Parawansa