Kamis, 2 Mei 2024

Percepat Layani Aduan, Kominfo Jatim dan USAID ERAT Gelar Binwas SP4N Lapor

Diunggah pada : 18 Oktober 2023 1:16:30 75
Pembinaan dan pengawasan (Binwas) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang digelar Dinas Kominfo Jawa Timur bekerjasama dengan USAID ERAT

Jatim Newsroom - Dinas Kominfo Jawa Timur bekerjasama dengan USAID ERAT menggelar pembinaan dan pengawasan (Binwas) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR), guna mempercepat pelayanan pengaduan masyarakat. 

Kadis Kominfo Jatim melalui Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Kusumawardhani mengatakan, Binwas ini untuk mengetahui implementasi kebijakan pelayanan publik yang masih belum berjalan secara optimal. Oleh karena itu, aplikasi SP4N-Lapor ini diharapkan mampu menjawab tantangan pemerintah di era digital saat ini. "Binwas ini juga untuk mentransformasi ruang lingkup penyelenggaraan pelayanan publik secara efektif, efisien dan terintegrasi secara nasional untuk kepentingan pelayanan publik," kata Sekretaris Dinas Kominfo Jatim di Surabaya, Rabu (18/10/2023). 

Menurutnya, mekanisme pengaduan serta monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan dalam SP4N melalui platform aplikasi Lapor sudah berjalan baik secara berjenjang. Namun, lanjutnya, yang terpenting adalah pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini merupakan bentuk pembinaan dan pengawasan. "Kami berharap setelah mengikuti Binwas ini, respon pelayanan pengaduan jauh lebih cepat dan tepat. Selain itu, perlu juga optimalisasi publikasi dan sosialisasi SP4N.

Lapor baik pada level admin koordinator maupun pejabat penghubung kepada  masyarakat sebagai pengguna layanan baik secara online maupun offline. Dengan harapan agar semakin banyak masyarakat yang paham dan bisa mengakses serta memanfaatkan aplikasi," ujarnya. 

Koordinator USAID ERAT Provinsi Jawa Timur, Dina Limanto mengatakan, kegiatan binwas dikerjsamakan dengan Dinas Kominfo Jatim sebagai upaya peningkatan efektifitas pemanfaatan aplikasi SP4N Lapor. "Binwas ini lebih meberikan upaya bantuan teknis peningkatan tata kelola pemerintahan agar lebih efektif dan efisien untuk kinerja pelayanan publik," tuturnya. 

Dina menegaskan, pengelolaan pengaduan masyarakat di era saat ini menjadi hal yang sangat penting, khususnya untuk meningkatkan pelayanan publik yang baik. "Respon cepat tepat memberi dampak positif. Namun, pengaduan yang lambat, akan membuat masyarakat akan mencari alternatif tempat mengadu, misal lewat medsos," ungkapnya. 

Ia berharap, SP4N Lapor memudahkan pemerintah untuk bisa merespon pengaduan masyarakat jauh lebih cepat. Termasuk kanal pengaduan lain yang sudah dimiliki pemerintah daerah agar lebih optimal sehingga semua layanan bisa saling melengkapi. 

Dalam kegiatan Binwas SP4N Lapor yang digelar selama dua hari di Hotel Harris Gubeng Surabaya ini menghadirkan peserta dari seluruh perangkat daerah Pemprov Jawa Timur dan perwakilan kabupaten kota yang menjadi Mitra Binaan USAID ERAT, di antaranya Sidoarjo, Lamongan, Sumenep, Banyuwangi dan Blitar. Selain itu dihadirkan narasumber dari Kemenpan RB dan juga dilakukan sharing pengalaman OPD dan kabupaten kota terkait strategi yang efektif untuk pengelolaan SP4N Lapor. (red)

#Diskominfo Jatim #SP4N LAPOR! #USAID ERAT