Minggu, 28 April 2024

Perbasi Jatim Raih Predikat Cabor Terbaik 2023

Diunggah pada : 19 Januari 2024 18:55:11 98
Perbasi Jatim Raih Predikat Cabor Terbaik 2023

Jatim Newsroom - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur mendapat predikat sebagai cabang Olahraga (cabor) terbaik pada KONI Jatim Award 2023. Hal ini lanaran salah satunya karena sejumlah gebrakan yang digeber Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jawa Timur berbuah manis. Sebagai salah satu program pembinaan, Ketua Umum Perbasi Jatim, Grace Evi Ekawati, turun langsung melakukan blusukan ke kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Capaian itu memantik motivasi pengacara dan pengusaha asal Kota Surabaya yang sukses merintis banyak bidang usaha itu agar basket Jatim semakin berjaya. Hasilnya, tim basket putra dan putri yang turun di 3x3 serta 5x5 lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara mendatang.

Selain itu, Grace Evi pun memasyarakatkan basket dengan dukungan atas berbagai event hingga pemberian berbagai alat ke daerah. Serta secara konsisten menghasilkan bibit-bibit atlet berkualitas yang membanggakan Jatim dan Indonesia di kancah internasional.

"Karena dasar pemikirannya (KONI Jatim) kan kita keliling Jawa Timur (mengembangkan basket), semua 38 kota/kabupaten. Setiap hari keliling. Ibaratnya pagi makan dimana, siang dimana, malam dimana," ujar Grace Evi menanggapi penghargaan tersebut, Jumat (19/1/2024).

"Karena kita betul-betul komitmen. (Jadi) saya sudah siap untuk melayani dan membantu (perkembangan basket) di wilayah Jawa Timur," tambah ibu empat anak ini.

Untuk lebih mempopulerkan olahraga basket, Grace Evi berencana menggelar program goes to school. Apalagi ada dukungan dari Universitas Surabaya.

"Tentu berharap olahraga basket seperti sepak bola. Digemari dan membantu kegiatan positif bagi anak-anak diluar (penggunaan) gadget atau narkoba. Dan membantu mereka mengembangkan kemampuan untuk prestasi," tekad Grace Evi.

"Selama ini kita tidak ada program itu, meski sudah keliling. Karena itu, kita akan lebih (berupaya) lagi dengan adanya dukungan dari Ubaya, dimana RS Ubaya support untuk goes to school ke seluruh Jatim," lanjut sosok yang dikenal dengan predikat Ibu Segala Bangsa itu.

Menariknya, Grace Evi tidak hanya ingin Perbasi Jatim konsisten mencetak atlet-atlet basket berprestasi. Namun juga mengembangkan sumber daya wasit dan pelatih yang mumpuni.

"Kita (menggarap) semua (sektor). Mulai dari wasit, pelatih dan atlet. Kita benahi semuanya. Kita memberikan coaching clinic gratis kemana-mana untuk anak-anak dan pelatih (berupa penataran dan penyegaran). Kita sebagai ketua cabor bertanggung jawab mengenai atlet, wasit, pelatih hingga bagaimana (masa depan) sekolahnya. Itu kita bantu dengan (mencapai) prestasi," tegas Grace Evi.

"Tidak ada sesuatu yang tidak bisa kita lakukan. Kita bisa lakukan asal mau atau tidak. Dan saya berharap dengan mengandeng semua stakeholder untuk membuat semua pihak membantu perkembangan bola basket Jatim," imbuh perempuan yang akrab disapa Mama Evi itu.(her/s)

#KONI Jatim #Perbasi Jatim