Kamis, 2 Mei 2024

Pendampingan Pemerintah Bantu Pengembangan Pasar Pelaku Usaha

Diunggah pada : 21 Juni 2023 14:44:13 55
Sumber Foto: Disperindag Jatim

Jatim Newsroom – Pendampingan pemerintah dalam pengembangan pasar diperlukan untuk meminimalkan permasalahan yang sering dihadapi pelaku usaha karena keterbatasan akses terhadap pasar global. Pendampingan secara efektif dan efisien yang berlangsung secara berkesinambungan akan meningkatkan kualitas pelaku usaha untuk menyediakan produk yang berdaya saing tinggi di pasar internasional dan meningkatkan kapasitas ekspor.

Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur (Disperindag Jatim) melalui Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN) bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan RI. Kerja sama berupa kegiatan pendampingan pengembangan pasar dalam rangka pelaksanaan Export Coaching Program (ECP) Tahun 2023 di Provinsi Jawa Timur.

Seperti dipublikasikan Disperindag Jatim, kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kinerja ekspor nonmigas Jawa Timur melalui pendampingan secara intensif kepada pelaku usaha khususnya Industri Kecil dan Menengah/Usaha Kecil dan Menengah (IKM/UKM). Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari terhitung sejak tanggal 20 s.d. 22 Juni 2023 di Surabaya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Sugih Rahmansyah, para praktisi dan coach pendampingan ekspor, serta pelaku usaha peserta ECP.

Sebagai informasi, program ini telah berlangsung sebanyak 3 tahap sejak awal tahun 2023 yakni tahap pertama webinar seleksi ECP pada tanggal 7 Februari 2023. Tahap kedua workshop dan verifikasi perusahaan pada tanggal 21 Februari 2023 dan tahap ketiga training of exporters pada tanggal 9-11 Mei 2023 yang merupakan tahap pendampingan peserta untuk persiapan ekspor.

Selanjutnya, kegiatan yang diselenggarakan saat ini merupakan tahap keempat dari kegiatan ECP 2023. Kegiatan ini secara langsung mempertemukan peserta dengan calon buyer di luar negeri bekerja sama dengan perwakilan perdagangan di luar negeri. (idc/s)

#ekspor #UKM #IKM #Disperindag Jatim #pengembangan pasar