Kamis, 19 September 2024

SAKIP Award Tingkat Kota

Pemkot Blitar Beri Penghargaan OPD dengan Nilai SAKIP Tertinggi

Diunggah pada : 12 Juli 2024 10:57:33 33

Jatim Newsroom - Sebagai bentuk apresiasi bagi perangkat daerah yang mampu mengaplikasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemkot Blitar menggelar SAKIP Award di ruang Sasana Praja, Kantor Wali Kota Blitar. 

Mengutip laman Pemerintah Kota Blitar, Jumat (12/7/2024), Wali Kota Blitar Santoso mengatakan SAKIP Award ini digelar dalam rangka menghadapi penilaian Kemenpan RB terkait SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) pada 17 Juli mendatang. Langkah ini juga menjadi upaya Pemkot Blitar untuk meningkatkan prestasi daerah. Jika tahun lalu, Kota Blitar meraih Sakip Award kategori BB dan RB kategori B, maka tahun ini akan ditingkatkan  menjadi kategori A.

"Alhamdulillah evaluasi di tingkat Kota mendapatkan nilai yang bagus, tapi peningkatan ini tergantung bagaimana menurut penilaian Kemenpan RB," kata Wali Kota Blitar.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Daerah (Irda) Kota blitar, Ratih Dewi Indarti menambahkan penilaian SAKIP diawali dari penilaian mandiri atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) di masing – masing OPD. Penilaiannya dilakukan Irda Kota Blitar dibantu 21 auditor dan Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Hasilnya seluruh OPD mendapatkan nilai A. Namun sebagai bentuk apresiasi dan punishment, sesuai arahan Kemenpan RB hasil penilaian harus diurutkan dari peringkat 1 sampai 30.

"Untuk penilaian evaluasi Kemenpan RB itu mensyaratkan adanya Reward dan Punishment. Sehingga diadakannya SAKIP Award ini untuk mengapresiasi OPD," tambah Ratih.

Ratih menambahkan dalam Sakip Award 2024, Pemkot Blitar memberikan penghargaan berupa sertifikat, uang tunai dan piala bagi 3 OPD dengan nilai AKIP tertinggi, yaitu Dispendukcapil, Disperpusip, dan Dispera Kota Blitar. (van/hjr)

#Kota Blitar #SAKIP #Wali Kota Blitar