Minggu, 5 Mei 2024

Pemkab Sumenep Fasilitasi Mudik Warga Kepulauan

Diunggah pada : 26 April 2022 11:16:33 39
Rusdi Nayatul Ulum warga Pulau Kangean yang sedang berada di Pelabuhan Kalianget Sumenep

Jatim Newsroom - Masyarakat menyambut baik pelaksanaan program mudik gratis ke kepulauan yang digagas Pemerintah Kabupaten Sumenep, pasalnya program itu membantu masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halamannya.

Salah seorang warga Pulau Kangean Rusdi Nayatul Ulum mengatakan, dirinya bersyukur dengan adanya program mudik gratis ke kepulauan untuk membantu warga kepulauan berlebaran bersama keluarga.

“Yang jelas, dengan adanya program mudik gratis Pemerintah Kabupaten Sumenep ini, sangat membantu masyarakat untuk bersilaturahim bersama keluarga saat Idulfitri 1443 Hijriah tahun ini,” kata Rusdi Nayatul Ulum di sela-sela pemberangkatan mudik gratis dengan Kapal DBS III, di Pelabuhan Kalianget, Senin (25/4/2022).

Dirinya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah menyediakan kapal dengan mudik gratis, sehingga masyarakat yang ingin ke kepulauan tidak kesulitan sarana transportasi laut, mengingat sebelumnya kapal DBS III tidak beroperasi yang mengkhawatirkan menghambat transportasi ke kepulauan.

“Alhamdulilah, Bupati sudah memperhatikan kebutuhan masyarakat kepulauan untuk menyediakan kapal menjelang lebaran, apalagi dengan program mudik gratis ini membantu meringankan beban biaya transportasi,” tuturnya.

Mengenai situasi penumpang sendiri menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah, menurutnya sejauh ini masih normal saja, karena masyarakat sudah sejak hari pertama mudik gratis yang menuju ke kepulauan.

"Jadi salah satunya mungkin sudah banyak kapal yang beroperasi melayani warga kepulauan sehingga normal saja," imbuhnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep memprogramkan mudik gratis untuk warga kepulauan dari Pelabuhan Kalianget telah dimulai sejak H-9 dan akan berakhir pada H-2 lebaran tahun ini, dengan tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan warga kepulauan terhadap transportasi laut di masa mudik lebaran.

Program mudik gratis itu dianggarkan sebesar Rp400 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumenep, yang teknisnya mengganti biaya tiket masyarakat yang ingin mudik ke kepulauan dari Pelabuhan Kalianget. (pno/n)

#mudik gratis Sumenep

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait