Selasa, 21 Mei 2024

Pemkab Pasuruan Raih Penghargaan UHC Award

Diunggah pada : 14 Maret 2023 14:55:50 165
Istimewa

Jatim Newsroom - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyerahkan penghargaan  Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan diterima oleh Bupati Pasuruan Irsyad yusuf di Gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03/2023) pagi.

Bupati mengatakan, diberikannya Penghargaan UHC karena Kabupaten Pasuruan sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau UHC

Terhitung sejak 1 Januari 2023, sebanyak 1,543,640 jiwa atau 96,07 persen dari total jumlah penduduk 1,606,807 Jiwa penduduk Kabupaten Pasuruan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Pasuruan telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan secara gratis.

"Tentu bangga dan puas atas pencapaian UHC di Kabupaten Pasuruan. Karena tinggal sedikit lagi kami bisa mencapai 100% UHC. Sehingga semua warga mendapatkan akses layanan kesehatan secara gratis di faskes terdekat," katanya.

Dijelaskan Bupati Irsyad, untuk mensukseskan program UHC, Pemkab Pasuruan telah menyiapkan anggaran jumbo hingga mencapai lebih dari Rp 150 Milyar.

Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk 96,07% dari jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan yang belum mempunyai jaminan kesehatan apapun. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh ribet atau ruwet saat berobat ke Puskesmas maupun ke rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Pasuruan.

Dengan adanya program UHC ini, Irsyad berharap masyarakat Kabupaten Pasuruan tidak lagi takut berobat ke rumah sakit dengan alasan tidak mampu membayar.

"Saya juga berpesan kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan bila merasa sakit, mereka bisa berobat ke puskesmas dan ke rumah sakit cukup dengan membawa dan menunjukan KTP penduduk Kabupaten Pasuruan dan akan mendapatkan pelayanan secara gratis," tegasnya. (yan/n)

#kabupaten pasuruan