Selasa, 21 Mei 2024

Pemkab Pasuruan Intens Lakukan Upaya Preventif Kendalikan Kasus Penyakit Tidak Menular

Diunggah pada : 26 Oktober 2022 14:56:50 73
Wakil Bupati Mujib Imron pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Tretes View, Kecamatan Prigen, Selasa (25/10/22).

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Kesehatan semakin intens melakukan beberapa upaya preventif untuk mengendalikan tren kasus penyakit tidak menular di masyarakat seperti penyakit Diabetes Melitus (DM) dan hipertensi secara signifikan.

Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron mengatakan jika tidak segera ditangani maksimal, kedua penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat tersebut diperkirakan akan menambah beban, baik masyarakat maupun pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya besar dan memerlukan teknologi tinggi akibat komplikasi yang ditimbulkannya.

“Dibutuhkan komitmen bersama untuk menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan melalui intensifikasi pencegahan pengendalian menuju Indonesia Sehat. Sehingga perlu adanya upaya yang memadai dan komprehensif melalui promosi, deteksi dini, pengobatan dan rehabilitative.Tentunya, upaya tersebut perlu didukung oleh penyediaan data dan informasi yang tepat dan akurat sert Sumber Daya Manusia (SDM) handal. Diantaranya melalui peningkatan skills dan pengetahuan petugas di lapangan untuk mendukung tercapainya target sasaran pada standart pelayanan penanganan penyakit DM dan hipertensi,” jelas Wakil Bupati, pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Tretes View, Kecamatan Prigen, Selasa (25/10/22).

“Saya mengajak kepada seluruh stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pengetahuan petugas. Juga mendukung tercapainya target sasaran pelayanan penyakit DM dan hipertensi di fasilitas pelayanan kesehatan pertama,” ujarnya.

Wabub juga mengatakan tentang Posyandu Prima, yakni implementasi transformasi layanan kesehatan primer yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sekaligus sebagai wadah pemberdayaan masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan dasar, sesuai kebutuhan secara terintegrasi di Desa dan Kelurahan. Termasuk mengenalkan tentang Aplikasi  Sehat Indonesiaku (ASIK) untuk mendeteksi riwayat potensi penyakit tidak menular pada seseorang. Tidak hanya untuk mendeteksi DM dan hipertensi saja, tapi juga stroke, penyakit jantung, kanker, asma dan lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini kader kesehatan dan IT Puskesmas. Plt. Camat Prigen dan Kabid Bidang Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Dinas Kesehatan dan jajaran serta diikuti 223 peserta (yan/n)

#kabupaten pasuruan