Sabtu, 18 Mei 2024

Pemkab Lumajang Komitmen Tingkatkan IPM

Diunggah pada : 2 September 2022 19:34:45 46

Jatim Newsroom - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur berkomitmen untuk terus berupaya menggenjot peningkatkan Index Pembangun Manusia (IPM).

Demikian disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat menyampaikan jawaban pemerintah atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Lumajang terhadap RAPERDA Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna, di Gedung DPRD Lumajang, Jumat (2/9/2022).

Bupati juga menyampaikan, bahwa pemkab melalui sinergi kegiatan antar OPD telah berupaya maksimal untuk meningkatakan IPM Kabupaten Lumajang, beberapa diantaranya yakni melalui upaya peningkatan rata-rata lama sekolah dengan kegiatan kejar paket A,B dan C.

"Dinas Pendidikan juga berinovasi melalui program gempita Desa yang bertujuan untuk menuntaskan rata-rata lama sekolah dengan intervensi melalui APBDesa," ujar dia.

Sementara, mengenai Harapan Lama Sekolah (HLS), telah dilakukan gerakan penanggulangan putus sekolah, kegiatan peningkatan akses pendidikan serta pemberian seragam gratis bagi siswa baru.

"Kami juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru berprestasi yang diterima di perguruan tinggi negeri serta bantuan-bantuan lain, terutama bagi masyarakat miskin yang meringankan biaya sekolah bagi anak-anak usia sekolah," katanya.

Ia menambahkan, bahwa dalam rangka peningkatan kualitas data tingkat pendidikan masyarakat, pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil telah berupaya menyadarkan masyarakat untuk memperbarui dokumen kependudukan, khususnya terkait dengan updating tingkat pendidikan yang telah ditamatkan. (jal/hjr)

#Pemkab Lumajang