Kamis, 2 Mei 2024

Pemkab Bangkalan Siap Operasikan TPST, Tunggu Mesin Pengolah Sampah

Diunggah pada : 19 April 2022 8:46:48 126
Bangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Buluh Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.

Jatim Newsroom - Pemkab Bangkalan berkomitmen mengatasi persoalan sampah terus bergulir. Pemkab juga telah menyelesaikan Pembangunan gedung tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) di bekas tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Buluh, Kecamatan Socah. Kini tempat tersebut siap dioperasikan dan tinggal menunggu mesin pengolah sampah.

Kabid Pengolahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan, Yudistira Adi Nugroho mengatakan, pengoperasian TPST hingga saat ini hanya menunggu terpasangnya mesin pengolahan sampah yang dipihakketigakan. 

Yudis menjelaskan, pemanfaatan bekas TPA menjadi TPST menggandeng investor yang memang sudah berpengalaman dalam pengolahan di bidang sampah. Untuk itu, dia berharap mesin segera terpasang.

"Tapi yang pasti sudah dalam persiapan dan kesiapan mesin, tunggu saja semoga segera terpasang,” ujarnya, Senin (18/4/2022)

Sekadar diketahui, Pemkab Bangkalan membangun TPST diatas lahan seluas 2,1 hektar. Lahan yang digunakan adalah bekas lahan TPA lama yang berlokasi di Desa Buluh, Kecamatan Socah. Kondisi TPA tersebut sudah overload, oleh karena itu direvitalisasi sebagai TPST agar pengelolaan sampah di Bangkalan menjadi lebih baik.

Dalam pengelolaannya, Pemkab bekerjasama dengan PT Reciki Solusi Indonesia, Indonesia Packaging Recovery Organization (IPRO) dan Bank UMKM Jawa Timur (Jatim) dalam mengoperasionalkan TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu). (pno/n)

#TPST Bangkalan

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait