Sabtu, 27 April 2024

Pemeliharaan GI 70kV Tjiwi Kimia, PLN Pastikan Pasokan Listrik Kota Mojokerto Aman

Diunggah pada : 25 Mei 2022 18:40:02 320
Tim Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Malang, melakukan pemeliharaan Gardu Induk (GI) 70kV Tjiwi Kimia

Jatim Newsroom – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Malang melakukan pemeliharaan Gardu Induk (GI) 70kV Tjiwi Kimia, sekaligus memastikan keandalan dan penguwatan system kelistrikan di Kota Mojokerto.

Pemeliharaan konduktor rel daya (bus bar) dan penghubung antar bus bar (bus tie) dilakukan serta langkah Overhoul Pemutus Tenaga (PMT) untuk mengembalikan fungsi dari PMT 70 kV seperti kondisi baru seperti saat awal beroperasi.

General Manager PLN UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, Rabu (25/5/2022) mengatakan, pekerjaan yang dilakukan secara rutin setiap 2 tahunan ini sebagai upaya menjaga unjuk kerja dari MTU (Material Transmisi Utama) dalam menyalurkan energi listrik kepada konsumen, termasuk konsumen prioritas, seperti KTT (konsumen tegangan Tinggi) 70 kV yang berada di wilayah sekitar, yaitu PT Tjiwi Kimia.

“Pekerjaan ini bertujuan untuk memeriksa dan memelihara maupun mengganti peralatan didalam pengoperasian GI 70kV Tjiwi Kimia agar dalam penyaluran kepada konsumen di wilayah Kota Mojokerto, utamanya Konsumen Tegangan Tinggi aman,” terang Didik.

Didik menjelaskan, pekerjaan yang selesai dalam waktu 24 jam pada pertengahan bulan lalu, Kamis (12/05) memerlukan penanganan khusus karena memiliki tantangan yang sangat tinggi.

“Pekerjaan diselesaikan oleh personil bersertifikasi karena berisiko tinggi, sehingga kepatuhan pada SOP K3 sangat diperhatikan. Dari penyelesaian pekerjaan, PLN berhasil mengoptimalkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Mojokerto dan sekitarnya, juga selamatkan energi sebesar 10 MW,” tutur Didik.

PLN meyakini kondisi pasokan listrik yang cukup, penggerak perekonomian. PLN berupaya menjadikan listrik menjadi solusi energi yang terbaik bagi pelanggan khususnya segmen industri dan bisnis. (hjr)

 

#PLN #PLN UID Jatim #Listrik