Selasa, 7 Mei 2024

Peduli Gizi Anak, Mahasiswa Sistem Informasi Unair Sabet Juara 2 Infografis Nutri-Be

Diunggah pada : 9 November 2023 9:24:48 25
Fikri Maulana Aziz Fahira Firdausi, dan Visa Asmara (dari kiri ke kanan) yang menyabet juara 2 bidang infografis pada Nutri-Be 2023 (Foto: Istimewa).

Jatim Newsroom - Universitas Airlangga (Unair) tak henti-hentinya menciptakan inovasi kebermanfaatan di masyarakat. Berkat kepedulian gizi pada anak, mahasiswa Sistem Informasi, Universitas Airlangga menyabet juara 2 bidang infografis pada Nutri-Be 2023. Mereka adalah Fahira Firdausi, Fikri Maulana Aziz, dan Visa Asmara. 

Fahira selaku ketua tim menuturkan, gagasan infografis yang ia dan timnya usung berawal dari permasalahan stunting di Indonesia. Melihat, masalah stunting merupakan permasalahan kesehatan yang kompleks dan membutuhkan berbagai peran untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Berdasarkan observasi yang telah mereka lakukan, data Kemenkes (2018) menunjukkan 1 dari 3 anak Indonesia menderita stunting disebabkan kurangnya nutrisi pada anak. Selain itu, Indonesia termasuk salah satu negara dengan undernutrition. 

 Mahasiswa Sistem Informasi Unair  mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran penting untuk menyelesaikan permasalahan stunting. Mengingat, dampak stunting pada anak bukanlah hal yang main-main. Pertumbuhan otak pada anak akan terhambat, pertumbuhan anak melambat, serta menurunkan daya imun tubuh dari anak. 

“Maka dari itu, sebagai mahasiswa ingin memberikan solusi dan setidaknya dapat membantu peran pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting dengan inovasi aplikasi yang kami besut yakni Nutrimate,” papar Fahira. 

Canangkan Nutrimate

Nutrimate ialah inovasi aplikasi besutan Fahira dan tim untuk mengatasi permasalahan stunting di Indonesia. Fahira menjelaskan, dalam aplikasi Nutrimate terdapat beberapa fitur. Yakni, rekomendasi makanan harian yang berfungsi untuk membantu orang tua dalam menentukan porsi makanan dan gizi harian anak. 

Fitur lainnya yaitu Kidsgrowth yang berfungsi melakukan pencatatan atas perkembangan anak. Meals Explore and Journey menyediakan riwayat makanan yang telah diberikan oleh anak agar terpantau makanan dan gizi yang masuk pada anak. Kids Dashboard memberikan fasilitas rekapan pertumbuhan anak setiap pekannya. 

“Namun, untuk saat ini inovasi kami masih dalam bentuk prototipe. Kami berharap bahwa inovasi ini akan terealisasi dan menjadi aplikasi yang utuh serta dapat digunakan untuk para orang tua di Indonesia, serta mendukung generasi emas Indonesia tahun 2024 dengan zero stunting.” harapnya.(mad/hjr)

 

 

#unair