Selasa, 7 Mei 2024

PAW Alm Sabron, Sri Hartatik Resmi Menjadi Anggota DPRD Jatim Periode 2019 - 2024

Diunggah pada : 4 Agustus 2021 14:06:25 536

Jatim Newsroom -  Sri Hartatik resmi menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur periode 2019 – 2024 menggantikan Sabron Djamil Pasaribu yang meninggal pada awal tahun 2021. Pergantian antar Waktu (PAW) Sri Hartatik ini langsung dilaksanakan di sidang paripurna DPRD Jatim, Selasa (3/8/2021) yang langsung dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad.

Sri Hartatik dilantik langsung dan diambil sumpah oleh Ketua DPRD Jatim, Kusnadi yang juga disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa,KPU, dan Bawaslu Jatim, serta Ketua Partai Golkar Jatim sekaligus Anggota DPR RI, Sarmudji.

Saudari Sri Hartatik dilantik menggantikan (alm) Pak Sabron karena perolehan suaranya di urutan kedua setelah almarhum dari dapil Kab/Kota Kediri asal Partai Golkar,” kata Kusnadi usai memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan anggota antar waktu DPRD Jatim.

Ketua FPG DPRD Jatim, Dr Kodrat Sunyoto mengaku bersyukur karena jumlah anggota FPG telah komplit berjumlah 13 orang setelah kehilangan salah satu anggota terbaik dan paling senior yaitu Pak Sabron karena meninggal dunia beberapa waktu lalu.

“Kami ucapkan selamat bertugas mengemban amanah masyarakat di DPRD Jatim. Semoga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Jatim khususnya warga Kab/Kota Kediri dan Partai Golkar tentunya,” kata Kodrat.

Sri Hartatik, lanjut Kodrat akan di tempatkan di Komisi D bidang Pembangunan dan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Jatim seperti posisi yang sebelumnya ditempati Pak Sabron di alat kelengkapan Dewan Jatim.

Sementara itu Sekertaris Dewan Jatim, Andik Fajar Tjahjono mengatakan bahwa almarhum Sabron Djamil Pasaribu resmi telah diberhentian dari anggota DPRD Jatim periode 2019-2024 karena meninggal dunia pada 7 Januari silam.

Sebagai gantinya, kata Andik DPD Partai Golkar melalui Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim mengajukan saudari Sri Hartatik sebagai Pengganti Antar Waktu. Setelah diverifikasi oleh KPU Jatim, pengajuan tersebut juga mendapat persetujuan Mendagri hingga proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan hari ini.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, M Sarmuji berharap, dengan masuknya Sri Hartatik itu dapat semakin membuat optimal kinerja di legislatif. Apalagi, dia merupakan politisi perempuan satu-satunya di keanggotaan Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim.  "Kita berharap, nanti peran Bu Sri Hartatik dapat mewarnai kebijakan DPRD Jatim terkhusus untuk isu perempuan dan keluarga," kata Sarmuji yang juga hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Sri Hartatik yang berlatarbelakang pengusaha itu sebelumnya aktif di organisasi Kosgoro 1957. Pada pemilu sebelumnya, dia berangkat dari Daerah Pemilihan Kediri Raya.  Sarmuji berharap, Sri Hartatik dapat memaksimalkan perannya sebagai wakil rakyat. Lewat kursi legislatif, Sri Hartatik harus berperan dalam pengambilan kebijakan di lingkungan dewan. Terutama, pada masyarakat di dapilnya tersebut. "Dia juga harus membantu terwujudnya visi misi Gubernur demi kesejahteraan Jawa Timur," pungkas Sarmuji yang juga anggota DPR RI tersebut. (Pca)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait