Selasa, 21 Mei 2024

Pangdam : Netralitas TNI Saat Pilkada Itu Harga Mati

Diunggah pada : 2 Februari 2018 19:37:33 5
thumb

Jatim Newsroom – Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan, jika netralitas TNI saat Pilkada itu harga mati. Kata Pangdam, sudah menjadi perintah dan instruksi dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Dalam rangka Pilkada khususnya di Jawa Timur ini TNI harus netral. Saya sudah sampaikan seluruh jajaran tetap jaga netralitas. Apabila ada para prajurit Kodam V Brawijaya yang terindikasi tidak netral, silahkan laporan ke Kodam,” kata Pangdam saat ditemui, Jumat (2/2).

Jenderal TNI bintang dua tersebut juga memastikan akan menindaklanjuti jika ada laporan anggota yang tidak netral saat Pilkada. “Jika ada laporan pasti akan segera kita tindaklanjuti. Pada kesempatan ini kami juga sampiakan pada rekan-rekan media, jika mengetahui ada prajurit kami yang tidak netral, mohon dilaporkan,” jelasnya.

Mayjen Arif yang juga menjabat Komandan Garnisun Tetap (Dangartap) III Surabaya sebelumnya juga menyampaikan, pengawasan terkait netralitas anggota TNI saat Pilkada berlaku untuk tiga matra, yakni TNI AD, AL, dan AU.

Mantan Gubernur Akademi Militer itu juga memerintahkan seluruh jajaran POM (Polisi Militer) AD, AL, dan AU untuk ikut memantau anggota di masing-masing wilayah. Dengan pengawasan dari berbagai pihak, lanjut Mayjen Arif, maka kinerja TNI dalam rangka membantu Polri saat pengamanan Pilkada bisa lebih maksimal. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait