Kamis, 13 Juni 2024

Nanang Rois Terpilih Sebagai Ketua Forum KIM Jawa Timur

Diunggah pada : 3 Oktober 2019 8:05:34 46

Jatim Newsroom- Ketua KIM Melati Desa Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Nanang Rois terpilih sebagai Ketua Forum KIM Jawa Timur. Terpilihnya Nanang Rois dari hasil musyawarah secara aklamasi pada Jambore KIM 2019 di Mojosemi Forest Park Magetan, Rabu (2/10).

Nanang Rois mengharapkan, Forum KIM Jatim nantinya berperan sebagai media forum, yaitu kelompok informasi masyarakat yang  memiliki  aktivitas  mengikuti  informasi  dari  berbagai  sumber,  kemudian mendiskusikan  hasil  monitoring,  dan menyalurkan  informasi  kepada  masyarakat sekitarnya  dan    mengimplementasikan  dalam  kehidupan  sehari-hari.

Makin berkembangnya akses infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi,  maka  Forum KIM  diarahkan  untuk  mendayagunakan  teknologi  komunikasi dan informasi tersebut, meliputi sebagai fasilitator informasi bagi masyarakatb, mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi, penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat, pelancaran arus informasie dan terminal informasi.

Menurutnya, sesuai dengan amanat Undang-undang dan Peraturan Menkominfo dipandang perlu untuk dibentuk KIM dimasing-masing kelurahan dan bila memungkinkan sampai ke tingkat Rt dan Rw, guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan kelompok masyarakat dalam mengisi ruang dan waktu.

Peranan Forum KIM Provinsi nantinya memfasilitasi  atau memudahkan pembentukan KIM ditingkat Rt, Rw hingga kabupaten/kota. Untuk itu diperlukan adanya revitalisasi kelompok-kelompok yang sudah terbangun dimasyarakat sebagai embrio untuk pembentukan KIM. Optimalisasi pemanfaatan media internal dan eksternal guna mempercepat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya kehadiran  KIM

Sebagaimana diketahui, kiprah KIM Melati, Sidoarjo memang sudah tidak diragukan lagi, tahun lalu KIM Melati juara 1 se Bakorwil Pamekasan Jawa Timur, dan Juara 4 di tingkat Propinsi Jawa Timur. Sejumlah usaha yang dimiliki KIM Melati, diantara hasil kerajinannya adalah tas anyaman terbuat dari panda, manik – manik, sarung bantal, dan aksessoris. Hasil kerajinan KIM Melati  bisa dijual ke negara Malaysia begitu juga sebaliknya barang kerajinan yang di hasilkan oleh komuniti satu Malaysia bisa di jual melalui KIM Melati. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait