Minggu, 5 Mei 2024

Menuju Sekolah Berbasis Digital, SMKN Widang Tuban Serap Ilmu pada Dinas Kominfo Jatim

Diunggah pada : 19 Mei 2022 13:56:14 212
Kadis Kominfo Jatim, Hudiyono (no.5 kanan) bersama Kasek dan guru SMKN Widang Tuban berfoto di Ruang Command Center . (Foto : Billy Aptika)

Jatim Newsroom - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang beralamat di Desa Mrutuk Kecamatan Widang Kabupaten Tuban melakukan kunjungan serap ilmu ke Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Kamis (19/5/2022).

Kunjungan Kepala Sekolah SMKN Widang, Endang Tri Bawani bersama 6 guru pengajar mata pelajaran yang berkaitan teknologi informasi ini, diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono didampingi Kepala Bidang Aplikasi - Informatika, Achmad Fadil Chusni di Ruang Argo Wilis Lt.1 dan mengajak untuk melihat Command Center Kominfo, kantor yang beralamat di Jl. Ahmad Yani Surabaya ini.

Kadis Hudiyono memberikan apresiasi dan semangat kepada SMKN Widang yang mempunyai visi menuju sekolah berbasis digital yang menjadi sebuah keniscayaan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini dan fasilitasi pengembangan pendidikan jurusan yang berkaitan dengan teknologi informasi bagi siswa sekolah.

Dipaparkan Hudiyono, sesuai dengan tugas dan amanah Gubernur Jawa Timur, Dinas Kominfo saat ini ada program prioritas yaitu transparansi pemerintahan (Government Transparency) atau pemerintahan yang terbuka.  Ini berbasis elektronik dan bagi sekolah juga menjadi tuntutan untuk diterapkan sistim berbasis elektronik dalam administrasi serta pengajaran bagi siswa.

Diskominfo Jatim juga bertugas sebagai wali data,  memberikan percepatan pelayanan data yang didukung oleh penyediaan server data center dengan ruang kapasitas besar (big data) yang terintegrasi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, terbaru adalah pembangunan gudang data, bagi sekolah data center ini juga diperlukan untuk dipunyai.

Tugas lain Diskominfo adalah diseminasi informasi dan komunikasi publik, sehingga seluruh program kegiatan pembangunan Pemprov Jatim bisa diketahui untuk mendapatkan dukungan dan melakukan komunikasi dengan seluruh masyarakat Jawa Timur.

"Apresiasi kepada SMKN Widang Tuban semakin menuju sekolah berbasis digital juga sebagai penguatan kurikulum sekolah. Visi ini seiring dengan program Pemprov Jatim melalui Diskominfo Jatim prioritasnya tentang transparansi pemerintah berbasis elektronik, percepatan pelayanan data melalui big data satu data Jatim. Saat ini segudang data dan juga penyelenggaraan informasi dan komunikasi publik," urai Hudiyono.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN Widang, Endang Tri Bawani merasa surprise dengan sambutan yang diberikan oleh Kadis Kominfo. Selain mendapatkan pembekalan pelatihan kepada guru untuk penguatan kapasitas terutama dalam pengajaran yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi juga mendapatkan pemantapan pengelolaan sekolah berbasis digital. Harapannya visi SMKN Widang berbasis digital selain mendapatkan dukungan pelatihan dan pendampingan juga infrastruktur, sehingga disamping penguatan kapasitas sumber daya manusia guru pengajar dan sarana prasarana yang bisa diberikan sehingga SMKN Widang bisa memberikan fasilitasi dan pengembangan jurusan, terutama bidang TIK bagi siswa, semakin menarik minat anak sekolah milenial masuk sekolah vokasi terlebih ketrampilan di bidang digital ini.

"SMKN Widang saat ini mempunyai lima jurusan, jumlah 953 siswa dan Insyaallah membuka dua jurusan lagi perhotelan dan tata pendingin dan tata udara, sudah menjadi kebutuhan SMKN Widang juga menuju sekolah berbasis digital maka kami studi ke Kominfo Jatim untuk mendapatkan dukungan kerjasama, terima kasih kepada Pak Kadis Kominfo atas sambutan dan dukungannya," terang Endang. (pno)

#SMKN Widang

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait