Jumat, 3 Mei 2024

Manika Agrihorti, Varietas Garbera dengan Bunga Semi Ganda

Diunggah pada : 9 Mei 2022 13:23:29 342
varietas Manika Agrihorti

Jatim Newsroom- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah merilis beberapa varietas Garbera salah satunya Manika Agrihorti. Memiliki bentuk bunga semi ganda dengan diameter piringan bunga 1,61-1,84 cm, kesegaran bunga varietas ini tahan selama 10 hingga 14 hari sehingga menjadikannya cocok untuk bahan dekorasi atau penghias meja.

Plt. Kepala Balitbangtan Prof.(R) Fadjry Djufry, Senin (09/05/2022) dalam keterangannya mengatakan, keunggulan varietas Manika Agrihorti memiliki warna bunga merah cerah/menyala dengan warna piringan bunga yang gelap/ungu kehitaman dan bentuk bunga semi ganda berdiameter bunga 9,4-10,1 cm. Varietas ini menghasilkan anakan berjumlah 3-4 anakan pertahun. Manika Agrihorti beradaptasi baik bila dibudidayakan di daerah dataran tinggi

Sebagai tanaman hias, keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga-bunga lain seperti mawar, tulip, anyelir dan krisan. Garbera juga menjadi komoditas bunga potong yang paling populer diperdagangan di dunia. Bunga garbera dapat diolah dan menghasilkan minyak atsiri sebagai bagan baku pembuatan minyak wangi, sabun serta produk kosmetik. “Varietas ini sebenarnya telah dilepas sejak tahun 2020 dengan nomor SK 047/Kpts/SR.130/D/III/2020,” terangnya.

Herbras atau oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan bunga gerbera adalah salah satu komoditas bunga potong yang ramai peminat. Garbera atau gerbera merupakan jenis bunga yang digunakan untuk bahan buket karena keindahan serta wanginya yang khas.

Tumbuhan semak berbunga yang memiliki lebih dari 2.000 kultivar ini mempunyai warna dan ukuran yang beragam. Selain sebagai bunga potong, gerbera adalah salah satu jenis bunga favorit sebagai tanaman hias di taman maupun pot. (jal/hjr)

#Balitbangtan

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait